Standard ISO 683 untuk Material C15 E4 dan C15 M2 sebenarnya keduanya adalah jenis Low Carbon Steel yang umumnya digunakan untuk peralatan mesin (machinery steel). Kode C umumnya untuk carbon steel dan 15 menyatakan jumlah kandungan karbon-nya sedangkan kode huruf M dan E umumnya kondisi material saat di delivery maupun perlakuannya (misalnya kondisi di-delivery dalam keadaan di aneal, dicanai dingin/cold rolled ataupun perlakuan dalam kemudahan untuk dimachining maupun tidak.

Tanya – Errick

Bapak dan Ibu anggota milist migas indonesia,

Saya minta tolong dijelaskan apa arti kode di bawah yang ada dalam ISO683 (material):

C15 E4

C15 M2

Terima kasih,

Tanggapan 1 – Winarto

Dear Sdr. Erric,

Standard ISO 683 untuk Material C15 E4 dan C15 M2 sebenarnya keduanya adalah jenis Low Carbon Steel yang umumnya digunakan untuk peralatan mesin (machinery steel). Kode C umumnya untuk carbon steel dan 15 menyatakan jumlah kandungan karbon-nya sedangkan kode huruf M dan E umumnya kondisi material saat di delivery maupun perlakuannya (misalnya kondisi di-delivery dalam keadaan di aneal, dicanai dingin/cold rolled ataupun perlakuan dalam kemudahan untuk dimachining maupun tidak. Terus terang untuk kode terakhir tersebut (M2 dan E4) belum saya dapatkan arti sebenarnya.

FYI, standard ISO 683 ini sering di revisi dan ditarik dari standarnya (withdrawal) untuk diganti dengan standard yang baru sehingga manufaktur dan user tidak banyak yang menggunakannya. Saran saya sebaiknya cari material ekivalensinya saja misalnya dengan ASTM, JIS, DIN atau BS. Sebab national standard tersebut sering digunakan oleh para user secara global. Untuk Ekivalensinya saudara dapat melihat di alamat dibawah ini: http://www.irsteel.com/standards/Carbon%20and%20Alloy%20Steels.htm

Demikian semoga bermanfaat.