Katup/valve untuk aplikasi SDV ataupun BDV tidak diperlukan flow characteristic-nya. Informasi flow characteristic biasanya digunakan untuk katup yang digunakan dalam pengendalian alias katup kendali (control valve). Karena pada umumnya SDV dan BDV tidak digunakan untuk pengendalian aliran alias hanya tutup penuh atau buka penuh saja, maka karakteristik alirannya tidak diperlukan. SDV/BDV yang membuka penuh berkelakuan persis seperti pipa saja.

Tanya – sugeng widyantoro

Dear Bapak2/Ibu2,

Saya dari kemarin nyari Flow characteristic curve (% of opening vs % of Cv) untuk Full Ball Valve(yang dipakai untuk SDV). Setahu saya biasanya flow characteristicnya untuk on-off application kan menggunakan Quick openning.Pertanyaan saya apakah sama Flow characteristicnya yang digunakan untuk SDV atau BDV?. Apa Bapak2/Ibu2 ada referency khusus mengenai hal ini terutama flow characteristic curve untuk standard Ball Valve (Full)?. Saya sudah contact langsung ke factory dan mereka bilang tidak punya datanya.
Mohon Pencerahannya.

Tanggapan 1 – Admin Migas

Untuk keperluan apa yah ingin mengetahui flow charasteristic curve dari SDV & BDV, karena tipe ball valve ini bukan untuk pengaturan laju aliran, tetapi lebih ke arah process safety (isolation and depressurise). Jadi kondisi yang diinginkan hanya fully closed atau fully open, tidak pernah 25%, 50% atau 75% opening.

Tanggapan 2 – Marthin Winner

Betul,

mungkin yg perlu ditambahkan dalam kriteria pemilihan SDV adalah, seberapa cepat kita ingin SDV ini merespon. Untuk kasus2 tertentu, jika SDV nutupnya terlalu cepat, akan menimbulkan hammering yg bisa mengoyak pipa.

Tanggapan 3 – Weby

Mas Sugeng,

Sependek pengetahuan saya, biasanya katup/valve untuk aplikasi SDV ataupun BDV tidak diperlukan flow characteristic-nya. Informasi flow characteristic biasanya digunakan untuk katup yang digunakan dalam pengendalian alias katup kendali (control valve). Karena pada umumnya SDV dan BDV tidak digunakan untuk pengendalian aliran alias hanya tutup penuh atau buka penuh saja, maka karakteristik alirannya tidak diperlukan. SDV/BDV yang membuka penuh berkelakuan persis seperti pipa saja.

Aplikasi SDV dan BDV yang lebih diperhatikan adalah tightness atau sealing capability-nya untuk pengisolasian fluida proses pada tekanan dan temperatur tertentu, implikasinya adalah torsi dari aktuatornya harus cukup dan materialnya harus tight benar pada tekanan diferensial yang sudah ditetapkan dari kondisi desain.

Memang kalau kita mengacu pada ISA-20 mengenai datasheet instrumentasi, yang bentuknya agak dekat dengan SDV/BDV adalah katup kendali/control valve, tetapi tidak lantas bentuk datasheet-nya mengacu mentah-mentah. Saya punya contoh datasheet SDV/BDV jika anda ingin tahu informasi apa saja yang mestinya dicantumkan di datasheet dari SDV/BDV.

Semoga membantu. Terima kasih.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan Bulan September 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: