Portable (kawat las yg bergerak), adalah proses pengelasan. Memang ada yang dikatakan manual welding, seperti proses SMAW, GTAW,atau semi auto seperti GMAW / FCAW.
Sedangkan bila yang dimaksudkan static (pipa yang dilas yg bergerak), adalah proses Submerge Arc Welding (SAW) yang biasanya dikerjakan dengan alat bantu turning roll / rotator. SAW ini menggunakan kawat las dan pasir flux, di mana flux ini dapat berfungsi baik hanya sbg shielding (tipe : neutral flux) maupun sbg unsur suplemen untuk meningkatkan mekanikal strength pada lasan (tipe active flux).

Tanya – Budi Arman

Dear Milister,

Saya mohon advise nya untuk beberapa pertanyaan tentang welding berikut :

1. Apa pengaruh nya terhadap kekuatan las antara pengelasan dengan Portable (kawat las yang bergerak) dan Static ( pipa yang dilas bergerak).

2. Selain WPS, apalagi persyaratan yang harus dimiliki oleh welding company untuk melakukan pengelasan diarea Migas.

3. welding test yang bagaimana direkomendasi untuk pengelasan pipa grade X-56.

Terimakasih atas pencerahannya.

Tanggapan 1 – Jimmy Octavianus

Pak Budi,

Saya ingin menjawab dari apa yang saya ketahui, khususnya untuk butir 1 dan 2.

Jawab 1 :

Kalau yang Bapak maksudkan portable (kawat las yg bergerak), saya asumsikan yg bapak maksudkan adalah proses pengelasan. Memang ada yang dikatakan manual welding, seperti proses SMAW, GTAW,atau semi auto seperti GMAW / FCAW.
Sedangkan bila yang Bapak maksudkan static (pipa yang dilas yg bergerak), maka saya asumsikan adalah proses Submerge Arc Welding (SAW) yang biasanya dikerjakan dengan alat bantu turning roll / rotator. SAW ini menggunakan kawat las dan pasir flux, di mana flux ini dapat berfungsi baik hanya sbg shielding (tipe : neutral flux) maupun sbg unsur suplemen untuk meningkatkan mekanikal strength pada lasan (tipe active flux).

Kekuatan las antara manual welding dan submerge arc ini similar.
Namun bila menggunakan proses SAW dengan menggunakan active flux maka akan meningkatkan strength pada lasan.
Sebenarnya pengaruh terbesar adalah pada tingkat produktivitas yang dicapai, tentunya dgn SAw tercapai produktivitas yang lebih baik.

Jawaban 2 :

Biasanya WPS harus diuji sehingga terbitlah PQR yang dilengkapi dengan hasil pengetesan di laboratorium independen yang disetujui oleh pihak client Bapak, dan welder yang akan melakukan pengelasan juga harus diuji / welder test oleh migas.

Smoga bermanfaat. Terima kasih.