Incotest prinsipnya menggunakan eddy current technique atau secara fisika menggunakan electromagnetic wave. Nah, setiap gelombang yang merambat dengan frekuensi tertentu akan mengalami yang namanya interferensi gelombang termasuk electrimagnetic wave ini. interferencenya bisa berupa detructive ato constructive interference. Sumber interferensi bisa bermacam2, kalo di field biasanya dari mesin las ato sumber power yang ada di dekat proses pengujian incotest berlangsung. Kalo anda menggunakan transducer dengan frekuensi range di bawah 1 MHz (saya asumsikan pipa anda adalah carbon steel) interferensi biasanya terjadi pada frekuensi kelipatan 50 Hz. Makanya usahakan pengujian dengan menset frequency say 800 KHz menjadi 810 KHz untuk menghindari terjadinya interferensi selain juga dengan cara menjauhkan sumber interferensi dari lokasi pengujian.

Tanya – arif cahyono

Dear milister,

Ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan incotest :

1. Dalam report incotest ditemukan beberapa spot yang tidak teridentifikasi alasannya interferenced. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan interferensi tersebut?

2. Yang saya tau ada 2 metode inspeksi CUI, radiografi (profiler) dan eddy current (incotest). Kami sudah mencoba menggunakan incotest tetapi ada beberapa keterbatasan. Pertanyaannya, mana yg lebih efektif dan efisien? apakah ada alat lain selain 2 alat diatas?

Terimakasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – farabirazy albiruni

Dear Pak Arif,

Saya coba jawab pertanyaan bapak..

Incotest prinsipnya menggunakan eddy current technique ato secara fisika menggunakan electromagnetic wave. Nah, setiap gelombang yang merambat dengan frekuensi tertentu akan mengalami yang namanya interferensi gelombang termasuk electrimagnetic wave ini. interferencenya bisa berupa detructive ato constructive interference. Sumber interferensi bisa bermacam2, kalo di field biasanya dari mesin las ato sumber power yang ada di dekat proses pengujian incotest berlangsung. Kalo anda menggunakan transducer dengan frekuensi range di bawah 1 MHz (saya asumsikan pipa anda adalah carbon steel) interferensi biasanya terjadi pada frekuensi kelipatan 50 Hz. Makanya usahakan pengujian dengan menset frequency say 800 KHz menjadi 810 KHz untuk menghindari terjadinya interferensi selain juga dengan cara menjauhkan sumber interferensi dari lokasi pengujian.

Metode lain untuk mengakses pipeline tanpa membuka isolasi adalah dengan guided wave technique, biasa disebut long range ultrasonic (LRUT). Efektif dan efisien tergantung dari panjang pipa yang diperiksa. Incotest dan profiler adalah point by point examination, sedangkan LRUT adalah global inspection.

Mudah2an cukup membantu.