Dusun atau setingkat RT adalah bagian dari suatu desa yang dihuni terkadang lebih dari 10-50 KK, setiap KK paling banter membutuhkan sekitar 150-200 Watt listrik, untuk menghidupi TV, Radio dan lampu penerangan (tanpa kulkas dan AC) saya pribadi pernah mengembangkan PLTsM (Pembangkit Listrik Tenaga sangat Mikro) dengan daya terpasang sekitar 25KW untuk suatu dusun yang di tempatnya terdapat sumber air sebagai energy yang akan dimanfaatkan. Adapun penggeraknya yang dipakai saat itu adalah turbine air jenis ‘cross flow’ dengan panjang sudu2 sekitar 500 mm dan diemeter 20 mm dikerjakan dibengkel pinggir jalan dengan biaya yang tidak terlalu mahal sekitar Rp. 15 jutaan pada tahun 86-an , yah lumayan mampu menggembirakan sebagian warga saat itu. Tetapi pertanyaan sekarang apakah masih ada sumber air (sungai ukuran kecil) di dusun2 terpencil seperti itu.

Tanya – ambar bawono wisnu

Bapak/Ibu/rekans anggota milis Migas Indonesia yth,

Saya mohon bantuan informasi/sharing dari Bapak/Ibu/rekans mengenai sumber tenaga listrik untuk pulau-pulau kecil di Indonesia yang bebannya kecil (sekitar 10 MW ke bawah?) dan mengalami kesulitan dengan dengan ketersediaan pembangkitan tenaga listrik PLN ataupun jaringan transmisi/distribusi PLN. Bagaimana sistim distribusi tenaga listrik untuk daerah/kondisi seperti ini.

Tanggapan 1 – Aman Mostavan

Dengan hormat,

Tergantung mas, ada sumber energi apa yang melimpah, seperti angin, arus laut, radiasi surya .

Tanggapan 1 – ambar bawono wisnu

Terima kasih Pak, kalau alternatif kita batasi dengan renewable energy: Wind, Solar, atau Geothermal, tampaknya 2 alternatif pertama (angin dan surya) yang lebih potensial untuk dipertimbangkan? Mohon pencerahannya.

Tanggapan 3 – PJE 704748 BMC

Salam Energy,

Mungkin yang kita pernah bicarakan tentang PLN di minggu kemarin, apakah PLN dan otoritas daerah sudah berpikiran dan planning tentang nasib rakyat kecil di pulau2 kecil di Nusantara mendrisbusikan tenaga listrik? Kalau tidak. kita peduli energy dan masyarakat kecil.

Saya punya saran, KMI kerjama dengan mahasiswa2i Universitas Fakultas Teknologi Mineral dan Energi&lintas jurusan teknik (ahli2 konversi energy) dan Pemerintah Pusat&daerah membuat Tim Discovery, Eksploitasi & Eksplorasi Energi Alternatif, biaya program ini, kita dapat mensponsorkan Perusahaan Minyak (energy) Asing maupun Lokal sebagai donator program ini. Minta maaf kalau sudah ada program ini. Bisa…

Tanggapan 4 – Aman Mostavan

Dengan hormat,

Usul yang baik, mudah dijalankan. Kita presentasikan di forum internasional. Jangan salahkan kalau nanti banyak yang berminat menanam di Indonesia.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan September 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: