Kami akan memasang floating suction pada tanki dimana material plat tanki dan nozzelnya adalah carbon steel (A 283 Gr.C), sedangkan material floating suctionnya adalah aluminium.
Pertanyaannya : 1. Jika terjadi korosi, yang akan jadi korban korosi ini tanki (CS) ataukah floating suction-nya (aluminium)?; 2. Apakah langkah yang harus dilakukan untuk mengambat laju korosinya?

Tanya – Bung Tomo

Dear all,

Kami akan memasang floating suction pada tanki dimana material plat tanki dan nozzelnya adalah carbon steel (A 283 Gr.C), sedangkan material floating suctionnya adalah aluminium.

Pertanyaannya :

1. Jika terjadi korosi, yang akan jadi korban korosi ini tanki (CS) ataukah floating suction-nya (aluminium)?

2. Apakah langkah yang harus dilakukan untuk mengambat laju korosinya?

Terimakasih atas penjelasan rekans sekalian.

Tanggapan 1 – Henry Margatama

Kalau dilihat dari tingkat keaktifan logam, yg paling aktif adalah logam aluminium daripada carbon steel. Sehingga yg akan mengalami korosi adalah material yg terbuat dari alumnium. Langkah pencegahan yg dapat dilakukan dapat berupa diberi insulasi antara logam alumnium dengan carbon steel, logam alumnium tidak kontak secara langsung dengan carbon steel.
Mungkin bisa ditambahkan dari rekan milis yg lain.

Tanggapan 2 – edfarman chan

Bukannya kalau ada perbedaan potensial malah memancing terjadinya galvanic corrosion?

Sedangkal pemahaman saya, justru harus dihubungkan untuk menghindari beda potensial.

Ini yang dibicarakan API Storage tank dengan aluminium floating roof?

Pada case ini biasanya ada ‘connecting plate’ yang sengaja dibuat untuk kontak antara floating dan tank shell.
Juga mencegah spark/loncatan api karena perbedaan potensial yang muncul pada saat lightning di sekitar tangki (medan listrik).

Tanggapan 3 – Prasetyo, Ary Agung

Sedikit menambahkan pak,

Korosi terjadi karena beberapa faktor:

1. beda potensial (sehingga ada yg berperan sbg anoda dan katoda)

2. kontak fisik

3. adanya zat penghantar(media penghantar)

Seandainya tiga hal tsb tidak terpenuhi maka niscaya tidak akan terjadi korosi (CMIIW)

Secara “alami” beda potensial tidak bisa dihindari,karena keelektronegatifan suatu logam merupakan bawaan dari logam tersebut (Apakah kalo di IC keelektronegatifan dari logam akan berubah?)

Justru kalo 2 material yg beda potensial dihubungkan(dilakukan kotak fisik) maka akan terjadi galvanic corrosion.untuk mencegahnya bisa dilakukan insulasi antara dua logam tsb.

Bisa dijelaskan nggak pak material dari “Connecting plate” pada API Storage tank?apakah juga Aluminium?

Tanggapan 4 – roeddy setiawan

Dear Pak Tomo,

Benar sekali posting pak Henry, bapak bisa melakukan isolation supaya keduanya tidak tersambung secara langsung. dengan insulating gasket. Pikotek gasket atau sejenis umum nya dipakai untuk melakukan isolation bapak bisa googling siapa agent nya di indonesia.

Tanggapan 5 – tomo_tm02

Thanks bapak bapak sekalian,

Untuk bolt flangenya gimana pak? meskipun sudah diisolasi dengan gasket, bukankah antara floating suctionnya dengan flange tangki akan tetap terhubung langsung juga Pak?

thanks atas penjelasannya.

Tanggapan 6 – ftanos

Yang gampang… ganti material floating yang aluminium ke bahan steinless steel… selesai.

Tanggapan 7 – roeddy setiawan

Dear Pak Tomo,

Benar sekali posting pak Henry, bapak bisa melakukan isolation supaya keduanya tidak tersambung secara langsung. dengan insulating gasket.

Pikotek gasket atau sejenis umum nya dipakai untuk melakukan isolation bapak bisa googling siapa agent nya di indonesia.

Tanggapan 8 – roeddy setiawan

Dear pak Tomo,

Pikotek atau yg sejenis menjual gasket dan stud bolt sleeve nya sekalian sehingga tidak terjadi electric connection at all silahkan googling product mereka nanti bapak lebih faham.

Tanggapan 9 – Dwi Utomo

Pak Tomo,

Fluida pengisi tangki itu apa? bisa di share schematic drawingnya terutama pada bagian terjadinya sambungan aluminium – carbon steel?

Masalahnya belum tentu sesederhana galvanic corrosion yang umum saja.
Bisa jadi perlu additional protection, bisa juga ternyata nggak perlu di proteksi apa-apa.

Tanggapan 10 – ftanos

Hello pak Tomo salam kenal dulu,

Baru membuka email dan terdapat pertanyaan bapak tentang efek galvanic corrosion pada Floating Aluminium Dome untuk Tank API. Kalau boleh tau isi Tank nanti jenis apa ya pak?… apakah crude oil atau BBM refinery?. Sedikit saya berikan technical information pada Floating Aluminium Dome (FAD) untuk Tank API.

Galvanic corrosion terjadi biasanya dua komposisi material yang berbeda, terutama pada pengelasan bila komposisi material berbeda satu dengan yang lain. Kedua pada penyambungan seperti flanges (terjadi himpitan).

Khusus pada FAD saya kira tidak akan terjadi reaksi corrosion galvanic yang sangat exstrim pada dome dengan shell tank yang berbahan carbon steel. Sebab material aluminium dome sendiri adalah material special yang di design untuk tahan korosi. Kalau menurut design API 650, material FAD adalah aluminium 3003-H16 atau 3003-H18 dengan thickness 0,050 inches. Ini material sheetnya.
Kalau material Frame line biasanya 6061-T6 extrusion. Semua bahan tahan korosi. Saya tidak tau bapak memakai jenis yang mana?. Semua coating yang dipergunakan pada dome biasanya coating yang anti-interference, untuk kemungkinan galvanic corrosion sangatlah kecil. Yang perlu diawasi justru atmospheric corrosion dari roof atas. Atmospheric corrosion sering menyerang pada top roof tank.

Demikian pak Tomo sekedar sharing dengan bapak. Kalau ada yang salah mohon maaf.