Hazardous Area Classification atau Classified areas adalah daerah berbahaya (dimana ada kemungkinan akan adanya gas, atau selalu terdapat gas dalam keadaan normal, atau abnormal) yang di gunakan untuk memilih peralatan listrik yang sesuai utk daerah tsb. (Ex Types), untuk jelasnya bisa me refer ke API 500, NFPA/ NEC 500, IP Codes (kalo enggak salah 41).

Tanya – ithink_stayhere

Perusahaan tempat saya bekerja memiliki poetnsi bahaya yang tinggi dan saya butuh informasi mengenai metode penentuan klasifikasi area berbahaya dan hal – hal apa saja yang perlu dipertimbangkan mungkin ada rekan – rekan yang pernah melakukan penentuan area berbahaya.
mohon bantuannya ya.

Tanggapan 1 – Dirman Artib

Definis hazardous area di API RP 500 adalah bahaya pada area fasilitas proses hydrocarbon yang berpotensi terjadinya ledakan dan kebakaran yang disebabkan reaksi kimia antara hydrocarbon, oksigen dan percikan api.
Bukan pada aspek lain, misalnya area kerja pawang macan di kebun binatang yang juga bisa dikategorikan sebagai hazardous area juga.

Tanggapan 2 – kusumowd

Rasanya topik ini sudah complete dbicarakan di milist ini. Silahkan dilìhat di archive pak. Lo tdk salah API 500 di sebut pak dirman adalah salah satunya yg dkeluarkan u American standard/

Tanggapan rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia dari pembahasan bulan Oktober 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: