Ground Fault Relay dipasang pada sistim dengan solid grounding dan low resistance grounding. Pada solid grounding sistem, relay akan bekerja untuk memutus supplai seketika (instantaneous) bila terjadi gangguan. Sedangkan pada sistim low resistance grounding relay bisa disetel untuk mendapatkan kelambatan waktu pemutusan (time delay). Note: NGR baik high maupun low grounding resistor biasa digunakan pada sistim listrik untuk koordinasi relay (untuk mendapatkan setting time delay yg diinginkan).

Tanya – Ferdi Firdausy

Rekan2 mhn informasinya, Apakah benar Ground Search Relay tidak dapat digunakan bila system tersebut menggunakan NGR?

Tanggapan 1 – berlian syako

Dear Pak Ferdi,

Mungkin yg dimaksud Ground Fault Monitoring Device.

Alat ini dipasang pada sistim ungrounded dan sistim dengan high resistance grounding.
Pada saat terjadi gangguan, sistim ini tidak akan mengoperasikan relay untuk memutus suplai tetapi hanya memberi indikasi bahwa gangguan telah terdeteksi. Pada saat gangguan pertama ini sistim masih bisa beroperasi mensupplai listrik ke beban. Tetapi apabila terjadi gangguan berikutnya maka efeknya akan fatal. Oleh karena itulah sebelum gangguan berikutnya terjadi maka gangguan tsb harus segera dicari dan dihilangkan.
Sistim ungrounded dan high resistance grounding diperlukan untuk aplikasi dimana kontinuitas supplai listrik sangat diperlukan.

Kalau yg dimaksud dari pertanyaan PAk Ferdi adalah Ground Fault Relay maka ini dipasang pada sistim dengan solid grounding dan low resistance grounding. Pada solid grounding sistim, relay akan bekerja untuk memutus supplai seketika (instantaneous) bila terjadi gangguan. Sedangkan pada sistim low resistance grounding relay bisa disetel untuk mendapatkan kelambatan waktu pemutusan (time delay).

Note: NGR baik high maupun low grounding resistor biasa digunakan pada sistim listrik untuk koordinasi relay (untuk mendapatkan setting time delay yg diinginkan).

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – Ferdi Firdausy

Yth Pak Berlian,

Terimakasih pak atas informasinya, betul pak yg saya maksud adalah Ground Fault Monitoring Device. di Industri ini menggunakan medium voltage dimana sisi LV dari trafo menggunakan NGR. saya hanya mengantisipasi bila dipasang NGR dan Ground Fault Monitoring Device, alat Ground Fault Monitoring Device akan mendeteksi trus gangguan akibat adanya pemasangan NGR.