Di Perusahaan tempat Saya bekerja, banyak sekali Tubing Ex-Used berbagai macam Ukuran, umumnya 3.5′ & 4.5′, yang sudah tidak layak digunakan untuk keperluan Sumur. Biasanya Tubing Ex-Used tersebut digunakan sebagai Inter Well Flowline (untuk Sumur-Sumur dengan Kapasitas Produksi yang kecil), Shelter, Jembatan, Tangga, Tiang Pancang, Pengganti Kolom & Balok Struktur dan lainnya. Yang ingin Saya tanyakan, mungkin ada Rekan sekalian yang mengetahui. Pertanyaannya adalah sbb.: Sebagai pengganti Pipa untuk Inter Well Flowline, apakah hal tersebut dibenarkan? baik secara Teknis maupun Aturan yang berlaku.

Tanya – Benny Gunawan

Di Perusahaan tempat Saya bekerja, banyak sekali Tubing Ex-Used berbagai macam Ukuran, umumnya 3.5′ & 4.5′, yang sudah tidak layak digunakan untuk keperluan Sumur.

Biasanya Tubing Ex-Used tersebut digunakan sebagai Inter Well Flowline (untuk Sumur-Sumur dengan Kapasitas Produksi yang kecil), Shelter, Jembatan, Tangga, Tiang Pancang, Pengganti Kolom & Balok Struktur dan lainnya.

Yang ingin Saya tanyakan, mungkin ada Rekan sekalian yang mengetahui. Pertanyaannya adalah sbb.:

Sebagai pengganti Pipa untuk Inter Well Flowline, apakah hal tersebut dibenarkan? baik secara Teknis maupun Aturan yang berlaku. Jika memang diperbolehkan, sejauh mana hal tersebut digunakan, dengan kondisi-kondisi apakah? Apakah hanya cukup di Thread sj (mengingat kondisi Tubing Ex-Used, umumnya bermasalah dibagian Collar/ Thread nya) untuk Jalur Minyak, atau apakah perlu Full Weld? Berapa lama kah umur penggunaannya. Sebagai pengganti Material untuk Struktur, seperti Jembatan, Tangga, Shelter dan Kolom & Balok, mungkin untuk Kekuatan Tekan Vertikal dapat diketahui dari Data Teknis Tubing tersebut, bagaimana Kekuatan Tekan Tubing tersebut secara Horizontal? Untuk Pipa, yang Saya ketahui dilakukan Flattening Test, apakah itu juga berlaku terhadap Tubing?
Sekian Pertanyaa dari Saya, Mohon Pencerahan nya dari Rekans sekalian.

Tanggapan 1 – johanes benhard

1. Yang pasti tubing2 tersebut sudah harus dicleaning dulu Pak baru bisa digunakan.

2. Pengalaman saya dulu, tubing2 tsb dpt digunakan sbg bahan pengganti pipa baja struktur yang tentunya sangat memangkas cost budget sebuah proyek, biasanya menjadi pipe support. Pengetesan paling mudah tentunya secara visual, apakah tingkat korosi tubing parah atau tidak. Untuk testing tambahan saya sarankan mengacu kepada standard atau spec tubing tsb seperti API 5L sederhananya.Tapi beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yaitu saat tubing2 ini digunakan tentunya akan ada perubahan dalam AFC drawing, jadi perlu penghitungan ulang desain beban pada tubing2 yang akan digunakan dan jika mengalami perlakuan mekanik seperti pengelasan saya anjurkan pada drawing dikasih note juga poin2 perlakuan yang spesial pada tubing2 ini untuk kemudahan QA.

3. Tapi yang paling penting lagi Pak kita harus minta ijin dulu (dengan memberi info atau saran) ke klien kita apakah tubing2 bekas dapat digunakan sebagai bahan pengganti.