Elliptical heads bentuknya memang mirip (similar) dengan torispherical head tapi tidak bisa dikatakan sama (identik). Kalo saya lihat di PV elite, dengan melakukan input menggunakan elliptical heads daengan torispherical head jelas terlihat bedanya secara visual. lebih jauh lagi definisi matematisnya kalo liat website ini : (http://mathworld.wolfram.com/TorisphericalDome.html ) maka definisi torispherical adalah A torispherical dome is the surface obtained from the intersection of a spherical cap with a tangent torus sedangkan elliptical (http://mathworld.wolfram.com/Ellipse.html )itu sama saja dengan ellips yang biasa kita kenal, berupa satu lingkaran penuh.

Tanya – Bambang Hadi Nugroho

Adakah yang bisa membantu saya menerangkan perbedaan antara Elliptical dan Ellpsoidal Head?

Kami mengikuti tender di suatu Oil Company, mereka minta Elliptical Head dan kami beri Ellipsoidal Head, dan hasilnya kami kena disqualifikasi karena tidak conform dengan requirement. Setahu kami Elliptical itu adalah sinonim dari Ellipsoidal, dan telah kami lakukan klarifikasi namun tetap saja kami kena disqualifikasi.
Jika ada yang bisa membantu kami sangat berterima kasih.

Tanggapan 1 – Onei Black

Kalau dari mbah google kira2 begini:

Elliptical heads are similar to torispherical heads.

What’s the difference between an ellipsoidal head and a elliptical/torispherical head?

The an ellipsoid is a shape in which the cross sections in all three major axes are ellipses or circles. In a pressure vessel, one of the axes is a circle and the other two are identical ellipses with the minor axis along the axis of symmetry. Such a shape is also called an oblate spherioid.

The shape of a torispherical head is a sphere of large radius over most of the surface but becomes a toroid with a much smaller minor radius at the knuckle where it joins with the flange. In cross section, the torispherical head therefore replaces its elliptical cross section with an approximation of an ellipse formed by two circular arcs. Although the torispherical head is easier geometrically to make, its manufacture puts the metal under more stress than the elliptical head.

Tanggapan 2 – asatta Siregar

Pak Onei / Pak Bambang,

Saya coba ikutan berpendapat ni,

1. Elliptical heads bentuknya memang mirip (similar) dengan torispherical head tapi tidak bisa dikatakan sama (identik). Kalo saya lihat di PV elite, dengan melakukan input menggunakan elliptical heads daengan torispherical head jelas terlihat bedanya secara visual. lebih jauh lagi definisi matematisnya kalo liat website ini : (http://mathworld.wolfram.com/TorisphericalDome.html ) maka definisi torispherical adalah A torispherical dome is the surface obtained from the intersection of a spherical cap with a tangent torus sedangkan elliptical (http://mathworld.wolfram.com/Ellipse.html )itu sama saja dengan ellips yang biasa kita kenal, berupa satu lingkaran penuh.

2. Berkaitan dengan requirement klien Pak Bambang, pengalaman yang saya temui di project yang pernah saya kerjakan elliptical dan ellipsoidal itu dianggap sebagai makhluk yang sama.
Di ASME Section VIII, sepanjang yang saya baca selalu menggunakan istilah ellipsoidal (lihat UG 32, UG 33, UG 81, Appendix 1, dll) sedangkan di PV elite (yang sebenarnya juga merefer ke ASME Section VIII) menggunakan istilah elliptical..di company document (data sheet atau Spec.) kadang menyebut elliptical kadang ellipsoidal..hal ini tidak pernah jadi masalah karena memang dianggap sama.

Kenapa saya bilang ‘dianggap’, karena hasil baca2 saya dari definisi matematisnya bahwa elliptical itu sama dengan ellipse , jadi yang dimaksud ellipse di sini adalah yang berbentuk satu lingkaran penuh seperti yang sudah saya sebutkan di poin 1 di atas..sedangkan ellipsoidal adalah perpotongan antara bidang datar dengan ellipse

(http://mathworld.wolfram.com/EllipsoidalSection.html), jadi tidak merupakan lingkaran penuh..Dan saya rasa head pada pressure vessel lebih cocok ke definisi ellipsoidal ini..

Jadi kalo mau ‘kaku’ sama definisi, harusnya ellipsoidal yang betul..tapi yang seringnya terjadi dalam case design pressure vessel dua istilah ini dianggap sama.

Mohon koreksinya kalo ada yang salah,

Tanggapan 3 – Onei Black

Dear Pak Bambang

Memang sebenarnya elliptical itu similar/sama dengan ellipsoidal tapi ada beberapa client/owner yang mungkin ingin merasa itu berbeda (kita tidak melihat dari istilah maupun bentuk terjadinya) karena di ASME (bila mengacu code ASME client-nya) itu sama, kenapa disebut sama? contoh yang membuat software Compress (memakai istilah Ellipsoidal)dan PV Elite (memakai istilah elliptical) untuk perhitungan Head pada BPV sesuai ASME code adalah orang-orang yang juga duduk di organisasi tersebut, jadi gak mungkin itu berbeda.
Sebenarnya apa yang dimaksud kawan-kawan dibawah ini sudah benar semuanya, tinggal kita sebagai contractor mau menyikapinya dengan bijak maksudnya, bilamana ada tender dan penjelasannya sebaiknya ditanyakan kejelasan hal-hal tersebut termaksud hal yang sebenarnya sepele dan sudah biasanya kita temui.
Bagaimanapun juga kontraktor selalu kalah dibanding client, apapun code-nya, spec dan kemauan klien lebih tinggi nilainya dan keharusannya.
Jadikan pelajaran buat kita semua bila nanti kita menempati posisi tertinggi dalam PEP (client or contractor), semua adalah partner kita untuk maju dan mencapai target bersama.
maaf bila ada yang salah dan kurang pas..

Tanggapan 4 -Bambang Hadi Nugroho

Sepakat pak Onei, client requirement posisinya ada di atas code (asme, api, etc). Tapi itu khan dalam hal spesifikasi. Tapi untuk masalah head ini, seharusnya tidak menjadi masalah. Misalnya client meminta type head elliptical, kemudian contractor memakai software compress, maka otomatis yang akan keluar di report adalah ellipsoidal, kecuali report sudah diedit..Suatu hal yang nggak nalar khan jika contractor yang memakai software compress tersebut kemudian didisqualifiaksi karena type headnya ellidsoidal, bukan elliptical.
Seharusnya di antara client dan contractor tercipta hubungan yang salaing membutuhkan dan saling menguntungkan. Semoga apa yang terjadi terhadap kami adalah kejadian terakhir yang tidak terulang kepada siapapun, baik contractor maupun client.
Terima kasih.