Mohon bantuannya jika ada yang mempunyai contoh2 soal CSWIP 3.0 untuk di shared (via japri) ke Saya. Saya butuh untuk tambahan referensi saat ujian nanti.

Tanya – Parana

Dear Milister,

Mohon bantuannya jika ada yang mempunyai contoh2 soal CSWIP 3.0 untuk di shared (via japri) ke Saya. Saya butuh untuk tambahan referensi saat ujian nanti.
Terimakasih.

Tanggapan 1 – konku tolda

ini saya ada pak parana..

tapi mohon digunakan sebagaimana mestinya ya pak..
jangan disebarkan ya pak..

hanya buat yang benar2 membutuhkan saja..
soalnya saya dulu pas dapet juga diwanti2 buat menyimpannya dengan baik..

mau ikut CSWIP kapan?dimana?

makasih lah sebelumnya..

Tanggapan 2 – Wira Satria

Setau saya 3.0 itu kan hanya visual ya tidak ada ujian tertulis. yang ada hanya praktek visual & reporting dari hasil visual tsb. soalnya ya hanya berupa specimen butt joint & fillet masing² 1 pc. memang sudah berubah ya sekarang?

Tanggapan 3 – Dwi Octavia

Dear Pak Parana,

Betul apa yang dikatakan pak Adit, bahwa CSWIP 3.0 tdk ada ujian tertulis hanya memindahkan data visual kedalam form saja…kemarin waktu saya ambil CSWIP 3.0 di fritmandiri tanggal 25-28 Agustus 2008 belum ada perubahan, masih seperti itu…usahakan banyak menghafalkan defect dan mengetahui jenis Material Damage karena itu adalah point tertinggi dalam ujian nya dan jangan lupa mengerjakan tugas-tugasnya, saya yakin bapak lulus sama seperti saya.

Tanggapan 4 – indro baskoro

Bener kata bu Dwi, memang di CSWIP 3.0 hanya pemindahan data visual saja ke form reportnya (saya ikut periode 16-18 february 2009) jadi cukup memahami karakter dari defect yang ada saja..

hanya saja yang perlu diingat adalah tata cara pengisian form-nya harus benar… mengingat segala sesuatu yang berkaitan dengan standar sudah baku apa adanya, mau gak mau harus diikuti… saran sih ikutin aja apa kata CikGu (trainer .red).

Tanggapan 5 – parana_mechanical

Dear Pak Dwi & Rekan2 migas Lainnya,

Iya Pak, Terimakasih atas pencerahannya dan doanya :-), Saya juga sudah contact pak Adit (Wira Satria) via email dan rekan2 lainnya yg merespon email Saya via japri.

Dalam materi CSWIP 3.0 jg +/- menyinggung hal2 sbb seperti:

Duty welding inspector

Visual inspection procedure

Types of weld defect

Code/Standard Welding

Acceptance Level

teori MIG-TIG-SAW dll

welding materials and consumable, dll

Sehingga saya merasa harus melakukan konfirmasi lebih lanjut kepada rekan2 yg sudah certified CSWIP 3.0 apakah akan ada ujian essay untuk topik2 diatas. Dan sekarang sudah ada kejelasan, sehingga saya sudah bisa lebih fokus belajarnya ke topik2 yg dimaksud.

Once again, many thanks to anyone who gave me further explanation concerning this issue-moreover to Pak Konku Tolda.

Bravo MIGAS INDONESIA !!