Select Page

Rio Napo, joint venture 70-30 dari perusahaan minyak Equador, Petroecuador dan Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) Venezuella, telah memulai pengoperasian lahan minyak Sacha di Amazon Equador.

Penulis : Eric Watkins

Rio Napo, joint venture 70-30 dari perusahaan minyak Equador, Petroecuador dan Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) Venezuella, telah memulai pengoperasian lahan minyak Sacha di Amazon Equador.

Marco Nogera, manager planning Rio Napo, mengatakan perusahaan berencana akan mencapai produksi minyak 70,000 b/d pada 2014-15—meningkat 40% lebih dari saat ini 49,780 b/d—atau kira-kira 10% total produksi minyak Ecuador. Lahan Sacha memegang 491 juta bbl cadangan minyak.

Menurut Nogera, JV berencana akan menginvestasikan 621 juta dolar dalam aktivitas eksplorasi dan produksi di Sacha lebih dari decade berikutnya, dengan kira-kira 60% dari investasi yang masuk pada 5 tahun kedepan. Pada September, Rio Napo menadatangani kontrak service dengan Petroproduccion, cabang Petroecuador untuk lahan Sacha. PDVSA mengatakan kontrak untuk ““manage, increase production at, develop, optimize, integrally improve, and exploit” lahan Sacha.

BMI menambahkan bahwa JV Rio Napo adalah salah satu rangkaian persetujuan yang dicapai antara Ecuador dan Venezuela sejak President Rafael Correa menggunakan power, sehubungan dengan strategi presiden Venezuela, Hugo Chavez yang menawarkan “special treatment” untuk leftist alliesnya di wilayah.

Ditambahkan Venezuela dan Ecuador bulan lalu juga menadatangani kontrak E&P untuk lahan Oglannya dengan join perusahaan Petroecuador dan China Petroleum & Chemical Corp (Sinopec).

Dengan perjanjian, Sinopec bersama sejumlah perusahaan minyak di China memposisikan diri mereka sendiri dalam pasar Ecuador sebagai partner Petroecuador, termasuk China National Petroleum Corp., Andes Petroleum, Petroriental, Sinopec,dan CPEB Changqing Petroleum.

Petroecuador juga memulai pembicaraan dengan Sonangol Angola, yang tertarik pada Blok 28 dan 29 di wilayah Amazon serta offshore Blok 42. Pada bulan April, Petroecuador dan Sonangol menandatangani kerjasama di beberapa blok di Ekuador.

Sumber: www.ogj.com

Share This