Adakah yang dapat memberikan informasi standar penggunaan safety helmet, khususnya penggunaan ‘tali pengikat’ ? Apakah diijinkan jika tali tidak dikenakan?

Tanya – Endri Prasetyo

Rekan Milis,

Adakah yang dapat memberikan informasi standar penggunaan safety helmet, khususnya penggunaan ‘tali pengikat’ ? Apakah diijinkan jika tali tidak dikenakan?

Mohon maaf sebelumnya jika topik ini sudah pernah dibahas.

Tanggapan 1 – Budhi Swastioko Suryanto

Kalau di perusahaan saya, tali pengikat di helmet wajib dikenakan.

Ada bagusnya kan bila digunakan menginggat kecepatan angin di offshore seringkapi sangat kencang.

Dulu sebelum diwajibkan, setiap melewati bridge yang menghubungkan dua platform, safety helmet selalu saya pegang dengan tangan agar tidak lepas dari kepala akibat tiupan angin kencang.

Tapi sekarang sudah tidak lagi dilakukan karena bantuan tali pengikat ini.

Tanggapan 2 – Endri Prasetyo

Pak Budhi,

Apakah ada standar internasionalnya mungkin?

Tanggapan 3 – Bayu Adji Surono

Kenapa mesti repot.

Kembalikan saja ke prinsip dasar penggunaan PPE.

PPE adalah pilihan terakhir jika cara lain tidak memungkinkan lagi, meskipun kadang kala PPE tersendiri merupakan gangguan.

Jadi sebaiknya lakukan saja self assesment oleh team internal. Kalau memang diperlukan tidak ada salahnya ditetapkan kebijakan yang mewajibkan. Misalnya untuk penggunaan chain strap help di ofshore area, bisa diwajibkan mengingat kondisi angin yang cukup kencang.
Tetapi kalau memang tidak diperlukan kenapa harus diwajibkan. Jangan menambah beban yang semestinya tidak diperlukan.

Menurut saya standar yang mesti diperhatikan justru terhadap Type & kwalitas dari material yang digunakan.
misalnya untuk material helm dan sebagainya. karena hal ini untuk memberikan jaminan terhadap perlindungan yang diberikan karena tentunya untuk menetapkan suatu standar pasti sudah dilakukan berbagai penelitian dan percobaan oleh ahlinya.

Tanggapan 4 – Gunawan Raharjo

Dear all,

Mau ikutan urun rembug, mohon maaf kalo ada yg salah.

Saya setuju dg pendapat pak Bayu. Masalah wajib/tidaknya menggunakan helmet, harus ditali atau tidak sebaiknya sebelumnya dilakukan assessment oleh internal assessor.

Kebetulan kami melakukan safety train for assessor (trainer) di sebuah industri minuman mineral.

Kami mengambil kesimpulan untuk bagian pekerja loading and moving dari conveyor ke krat atau box minuman tdk diperlukan memakai helmet (bahkan disarankan tdk menggunakan).

Karena proses memindahkan mineral galon dari conveyor ke box masih manual artinya pekerja membawanya dengan memanggul. Dan penggunaan helmet malah mengganggu gerak kepala dan pandangan.

Demikian juga untuk departemen quality control industry farmasi misalnya, dll.

Tanggapan 5 – buddy cahyon

Standard safety ditempat saya juga mewajibkan helmet ber-tali dan wajib dikenakan.

Tanggapan 6 – Robbin Gunawan T

Di RU II dumai, sudah mandatory harus dipakai tali safety helmet, dan long sleeve atau tangan panjang untuk bekerja di kilang. Artinya Pertamina sdh melakukan peraturan ini secara tertulis yah.

Tanggapan 7 – Anugrah Safirianto

Pak Robbin,

Tidak hanya di RU II Dumai saja,yg melakukan, Standard Safety..tapi di semua RU Pertamina sudah melakukan standard safety yg cukup ketat..

Tanggapan 8 – john.2007swan

Sudah diketahui bahwa PPE adalah opsi terakhir setelah langkah eliminasi,subtitusi,warning/signage dan administrative…masalah helm pakai tali menurut saya tergantung dari kondisi lapangan kerja..kalau kami yang di workshop tidak harus pakai tali tetapi kalau sudah ada pekerjaan di ketinggian maka wajib pakai tali karena helm bisa jatuh dan justru menciderai orang lain, begitu juga saya rasa di offshore yang anginnya kuat dan helm rawan jatuh maka wajib pakai tali.

Tanggapan 9 – ARSIP 2005

tidak mungkin tali itu ada kalau tidak ada gunanya ?

hasil survey kalau terjadi benturan atau tabrakan walau menggunakan helm standar tertutup (full face) sekalipun tetap akan terlepas karena tali pengaman tidak dipasang/klik.

Sayangilah kepala kita…karena tidak ada yg jual 😉 yang MAHAL itu bukan helmnya tapi ISI helm tsb yaitu kepala kita. Keep Safety…Safety First with me !