Back purging biasanya digunakan waktu pengelasan dgn proses GTAW. Gas yang digunakan biasanya argon. Purging pada welding terutama digunakan waktu pengelasan bagian root.

Tanya – Fedrianto

Dear rekans,

Sy lg belajar tentang welding nih. Lg nemuin kesulitan dengan yg namanya Back Purging. Kira2 rekan2 ada yg bisa ngejelasin secara singkat dan padat ttg back purging? Hehe. Atas jawabannya, sy ucapkan terima kasih. :).

Tanggapan 1 – Jimmy Octavianus

Pak Fedri,

Back purging biasanya digunakan waktu pengelasan dgn proses GTAW. Gas yang digunakan biasanya argon. Purging pada welding terutama digunakan waktu pengelasan bagian root.

Tanggapan 2 – Fedrianto

Thx pak Jimmy atas jawabannya. Di akhir paragraf jwaban bpk tertulisPurging pada welding … Apakah sama dengan back purging? atau cuma kebiasaan penyebutan aja? Sy jg pernah liat orang nge-las pake mesin las biasa namun gas argonnya dimasukkan ke alat las tersebut, apakh itu disebut juga back purging
? mohon penjelasannya. 😀

Tanggapan 3 – jc.minz

Dear Pak Fedrianto,

Mengenai back purging ada solusi’nya dengan salah satu produk Aquasol (US), yaitu: fiback. Berikut adalah informasinya:

Backing Tape

Fibackâ„¢

Fiberglass backing tape is heat

resistant aluminum tape with woven

fiberglass center strip, designed to

eliminate or reduce the need for back

purging and post weld grinding.

Untuk informasi detil atas info ini, dan gambar-gambarnya.

Bisa hubungi saya.

Tanggapan 4 – Nis Daniel

Pak Fedri…

Sekedar menambahkan jawaban pak Jimmy, back purging/gas backing selain pada pengelasan di root juga di interpass.., tujuannya adalah menghilangkan pengaruh atmosfir (H2,O2) yang berpotensi menyebabkan cacat las (hydrogen cracking,porosity) pemakaian argon karena Ar lebih berat dari H2, maupun O2 (CMIIW pls) sehingga unsur tersebut bisa dibuang dengan paksa, seperti proses mengeluarkan air dari balon dengan ditekan..

Tanggapan 5 – indro baskoro

Pak Fedri

ingin menambahkan sedikit,

karena masih dalam tahap belajar juga, jadi muncul beberapa pertanyaan yang kiranya perlu di tanya kan back purging gas digunakan pada material apa?

jenis nya apa saja?

efek ke pengelasan apa, baik dari jenis dan flow-nya?

ada pengaruhnya gak ke properties hasil pengelasan?

pengaruh backpurging gas ke microstructure hsil lasan?

dari segi material, purging gas hanya digunakan pada pengelasan CRA (corrosion resistance alloy), jenisnya bergantung pada WPS yang digunakan umumnya adalah Ar 99.9999%, ataupun kombinasi gas lainnya.

dari segi pengelasan, purging gas berfungsi untuk melindungi lasan khususnya pada bagian root agar tidak terjadi porosity, wavy weld bead (bahasa lapangannya root-nya keriting) dan adanya gas lain yang bisa menyebabkan cacat pada pengelasan.

dari segi korosi, purging gas digunakan untuk melindungi material bagian dalam pipa dari proses oksidasi. hal ini bisa dilihat dari penggunaan purging gas yang hanya sampai hot pass, ataupun fill pass yang pertama.

kurang lebihnya begitu pak, yang bisa saya jawab…

mungkin rekan yang lain ada yang bisa menambahkan.

Tanggapan 6 – Jimmy Octavianus

Terima kasih Pak Daniel untuk tambahannya. Memang betul biasanya purging digunakan dari area root sampai 2nd pass atau bila pipa cukup tebal biasanya s/d ketebalan minimum 10 mm dan atau s/d layer ke-3. Selain untuk mencegah porosity dan cracking seperti yang dipaparkan Pak daniel, juga untuk mencegah oksidasi pada lasan.

Mengenai mesin las GTAW memang kalo dilihat fisiknya mirip dengan mesin las u/ pengelasan SMAW. Namun kalo Pak Fedri lihat adanya selang Argon yang terhubung pada torch (sbg shielding gas) dan Argon yang dimasukkan ke dalam pipa (sbg purging), ini sudah pasti untuk proses GTAW.

Menurut saya terkadang memang ada yg mengatakan purging dengan istilah back purging, ada juga menyebutnya backing. (mohon dikoreksi kalo ternyata memang ada terminasi dari back purging itu sendiri).

Terima kasih.