Solution anneal pada austenitic melibatkan rapid quenching untuk menghindari dua range temperatur yaitu 600-800 centigrade (sigma phase embrittlement) dan 400-500 centigrade (475 embrittlement) . Konsekensi dari solution anneal adalah tercipta residual stress yang sangat tinggi pada material. Kalau melakukan pengelasan di lapangan, harus membawa vibration screen ini ke workshop untuk dimasukkan furnace dan diquench dalam bak besar atau diquench dalam ruangan menggunakan spray. Dan tidak menjamin las2an yang sudah jadi tidak retak atau mengalami distorsi geometri seperti bending. Selain itu, dengan adanya uap panas dari sea water akan mudah menyebabkan pitting corrosion dan SCC pada material SUS 304 ini selama operasi.

Tanya – Hariz

Dear all,

Mohon pencerahan dari rekan2, sebelumnya kami mengalami fail -terjadi crack- karena getaran pada material SS400 di equipment Vibrating Screen, kemudian kami mempertimbangkan untuk menggunakan SUS304.

Mohon bantuan dari rekan2 apabila mengetahui/punya standard/prosedure untuk annealing pada material SUS304 atau ada recommended material lainnya…
Sebelumnya, terima kasih.

Tanggapan 1 – farabirazy albiruni

Dear Pak Hariz..

Bisa dirinci kegagalannya murni fatigue atau multiple cause seperti corrosion fatigue atau yang lainnya?

Kalau bapak mo ganti ke Stainless Steel untuk menanggulangi permasalahan kegagalan akibat vibrasi, sebenernya Stainless Steel itu lebih buruk kemampuan damping terhadap vibrasinya dibandingkan Carbon Steel. Hal ini dikarenakan kadar karbon dalam SS lebih rendah dibandingkan dalam CS.

Saran saya, kalau penyebabnya murni fatigue dan tidak terjadi multiple cause seperti corrosion fatigue, sebaiknya bapak menggunakan CS atau alloy steel yang disurface hardening atau dishoot-peening. Ini bisa meningkatkan ketahanan fatigue pada material.

Mudah2an cukup membantu.

Tanggapan 2 – Hariz

Penyebabnya multiple cause Pak Abhie, fatigue krn korosi jg muncul karena kondisi kerja Vibra Screen tsb -yg memilah dimensi dari copper-slag- dari ‘granulation pit’ berisi sea water, serta faktor lingkungan (udara) yg terkontaminasi uap panas dari sea water didalam granulation pit (Vibra Screen ini berada diatas granulation pit tsb).
Jadi awal pemilihan SUS304 solution treaded -mohon maaf sebelumnya, heat treatment bukan annealing melainkan solution treatment- untuk menghilangkan intergranular corrosion crack pada material.
Dengan kondisi seperti ini, apakah heat treated CS masih jadi recommended material pak?

Tanggapan 3 – farabirazy albiruni

Pak Hariz..

Solusi menggunakan SUS 304 menurut saya kurang feasible untuk menjawab permasalahan yang bapak hadapi. Solution anneal pada austenitic melibatkan rapid quenching untuk menghindari dua range temperatur yaitu 600-800 centigrade (sigma phase embrittlement) dan 400-500 centigrade (475 embrittlement) . Konsekensi dari solution anneal adalah tercipta residual stress yang sangat tinggi pada material. Kalau bapak melakukan pengelasan di lapangan, bapak harus bawa vibration screen ini ke workshop untuk dimasukkan furnace dan diquench dalam bak besar atau diquench dalam ruangan menggunakan spray. Dan tidak menjamin las2an yang sudah jadi tidak retak atau mengalami distorsi geometri seperti bending. Selain itu, dengan adanya uap panas dari sea water akan mudah menyebabkan pitting corrosion dan SCC pada material SUS 304 ini selama operasi. Dengan dua hal ini, menurut saya kurang feasible solusi mengganti material existing bapak dengan SUS 304.

Saya pikir, solusi yang paling feasible adalah menggunakan material selain stainless steel. Bapak bisa menggunakan weathering steel atau non ferrous seperti Cu-Ni atau non metal seperti polimer. Saya tidak menyarankan composite karena kemungkinan besar selama operasi akan terjadi beban impak yang akan menyebabkan delaminasi pd composite.

Jadi kira2 itu opini saya Pak. Mungkin rekan2 lain punya opini yang lebih baik..

Tanggapan 4 – Nangz

Pagi Bung Hariz,

Sedikit menambahkan, untuk analisa crack yang dialami apakah sudah dianalisa untuk kemungkinan penyebab crack apakah murni dikarenakan material yang kurang cocok?. Mungkin lebih mudah untuk mencoba menghilangkan/mengurangi Residual Stress yang mungkin ada didalam material yang ada akibat process fabrikasi. Maaf jika salah.