Sebelum memilih internal coating, pikirkan dulu sejauh mana efektifitas coating yang akan diapply kan.. dalam hal ini fungsi internal coating adalah untuk menahan laju karat ( menghambat/membatasi reaksi antara fluida dengan material tsb).

Tanya – -dzuhri-

Dear experts,

Saya ingin bertanya mengenai proses Internal Coating Pada Pipa. Pipa ini merupakan appurtenances dari Tanki yg digunakan sebagai storage untuk Avtur. Kiranya berkenan untuk berbagi informasi tentang masalah tersebut.
Dan juga bagaimana pendapat rekan-rekan terhormat, bila internal coating tersebut diganti dengan galvanis?

Oia satu lagi, bagaimana menyambung pipa (material) GRP dengan Carbon Steel (A 283 Gr.C)? Apakah dengan coupling yg berulir atau yang lain. Terima kasih.

Tanggapan 1 – Hendra wisanggeni

Setahu saya dan ditempat saya bekerja tubular pipe for oil and gas internal coating memakai jenis coating TK 2 dengan speck :

-. ketebalan 0,2 micro m sampai 0,6 micro m

-. kecepatan penyemprotan 1,2 sampai 2.4 M/cesond

-. temp ruang 38 sampai 44 degree

-. sebelum di coating internal harus di ID blasting dengan speck.

-. silica sand mesh 16-30

-. SOP yang lainya kalo perlu japri aja ( soalnya banyak )

Mengenai proses galvanis selama saya bekerja sebagai engineer belum pernah dengar pipa mau di internal coating terlebih dahulu di galvanis. ini untuk special product pipe chrome ( cr ). contoh pipe grade L80 13cr, C9513 Cr, P110 cr13, super cr, Hyper cruntuk lebih jelasnya speck ada di API Specification 5CT sevent edition 2008
ISO 11960:2008, Petroleum and natural gas industries-steel piped use as casing and tubing for wells.

Tanggapan 2 – -dzuhri-

Terima kasih atas tanggapannya. Tapi begini pak, rencananya pipa yg akan di Internal Coat adalah pipa Nozzle dari Tanki yg ukurannya dari 1′ ~ 24′. Saya memang lagi bingung mengenai Surface Preparationnya, makanya saya mengajukan bagaimana kalau diganti dengan galvanis, tidak dengan internal coating.
Mohon informasinya.

Tanggapan 3 – Budi Arman

Dear pak dzhuhri,

Sebelum bapak memilih internal coating, bapak pikirkan dulu sejauh mana efektifitas coating yang akan bapak apply kan.. dalam hal ini fungsi internal coating adalah untuk menahan laju karat ( menghambat/membatasi reaksi antara fluida dengan material tsb).

Sebelum itu bapak consider dulu, material pipa dan content corrosion agent di fluida (CO2, H2S dll) nya.. nah dari sana bisa di apply kan jenis proteksi korosi yg mungkin.. ( inhibitor, lining, galvanize, coating dll). klo soal surface preparation n apply internal coating serahkan aja ma kontraktor, mereka dah expert kok dengan masalah ini.. seprti (radiant, turboscope, dll). oh ya.. setahu saya semua yg bapak sebutkan tsb adalah coating.. karena yg termasuk class coating itu adalah :

1. Organic (coal tars, epoxy, alkids) mungkin dikenal dengan painting..

2. Inorganic ( Silicate, Ceramic, Glass)

3. Conversion ( Anodizing, Phospating )

4. Metallic ( *galvanizing,* Diffusion)

mudah2 an membantu.. salam kenal

Tanggapan 4 – Henry Margatama

Sekedar menambahkan, juga perlu diperhatikan apakah fluida yang mengalir mempunyai temperatur tinggi (>100 derajat). Karena tidak semua jenis teknik perlindungan korosi dapat digunakan pada temperatur tinggi.