VSD bisa digunakan untuk beberapa jenis motor, namun apabila akan digunakan untuk EEx maka VSD yang digunakan harus memenuhi kriteria penempatan. Harus terbuat dari metal atau sejenisnya. termasuk nanti klo mau pasang junction Box untuk start stop nya.

Tanya – Fedrianto

Dear Rekan-rekan,

Saya mau tanya nih, saya sedang membutuhkan pompa dengan penggerak electric motor. Dalam operasi dibutuhkan kecepatan yang bervariasi, maka kami menggunakan VSD. Apakah benar, Motor dengan EEx tidak direkomendasikan untuk penggunaan VSD?Mengapa? Kalau memang benar, apakah ada solusi alternatif untuk masalah ini? terima kasih.

Tanggapan 1 – Ferdi Firdausy

Dear Pak Fedri,

Intinya VSD bisa digunakan untuk beberapa jenis motor, namun apabila akan digunakan untuk EEx maka VSD yang digunakan harus memenuhi kriteria penempatan. Harus terbuat dari metal atau sejenisnya. termasuk nanti klo mau pasang junction Box untuk start stop nya.

Terimakasih,

Tanggapan 2 – bontor edison

Malam mas Fedrianto,

Sekedar menambahkan.

eex & vsd sepertinya 2 metoda yang bisa dikombinasikan & seharusnya lebih baik (dari sisi technical) dari starter yang menggunakan DOL. tetapi penggunaan vsd ini biasanya lebih mahal (dilihat dari sisi commercial saat berinvestasi).

contoh aplikasi: submersible pump + vsd pada banyak dipakai disumur minyak sejak dulu seperti yang diproduksi oleh centri**** & red*

konsep hazardaus/non area seharusnya berlaku untuk semua peralatan dalam tahap pemilihan equipment sesuai dengan penggunaannya.

Tanggapan 3 – Triez

Mas Fedri,

Singkat saja sebenarnya, masalahnya ada pada Heating Effect yang kemungkinan bisa terjadi terjadi akibat adanya variasi

perubahan gelombang tegangan dan frekuensi pada VFD. Hal ini akan menimbulkan ‘ ignating flammable’ .

Ini tentunya akan sangat beresiko bilamana fluida atau substansi fluida yg adalah bahan atau jenis yang mudah terbakar.

Kira2 seperti itu. Tapi pada aplikasinya spendek pengalaman saya ,harus melihat banyak hal seperti vertical pump atau juga horisontal pump bisa

juga membuat kita melakukan pemilihan type motor menjadi Eex baik Eex ‘e’ d’ ataupun ‘de’ karena posisi motor. Klo starternya pake VSD atau tidak tentu harus dilihat dulu Filosophi operasinya,perlu pengaturan flow rate atau tidak, tidak harus motor berdaya besar yg pake ini.Harganya juga lumayan kan,pak,, 1 VSD kita bisa bila 3-4x soft start 🙂

Mungkin itu,pak. Semoga bermanfaat.

Just share,

Tanggapan 4 – edy.widyanto

Sekedar ikut menambahkan siapa tahu bisa bermanfaat untuk rekan2 yang membutuhkan,

Misal aplikasinya untuk pump dimana dibutuhkan pengaturan speed berdasarkan kebutuhan proses maka penggunaan VSD/VFD adalah sudah tepat, pemakaian VSD bisa memberikan manfaat di antaranya mengurangi inrush current saat starting dibandingkan metoda2 starting sebelumnya misal DOL, autotrafo dan softstarter.

Selain itu pemakaian VSD juga bisa menghemat energy (Energy saving) karena motor yang di atur oleh VSD beroperasi sesuai dengan kebutuhan proses artinya tidak selalu beroperasi di nominal speed motor padahal kebutuhan speed nya bervariasi sesuai proses.
Investasi untuk pembelian VSD biasanya bisa kembali (BEP/Break Event Point) di kisaran rentang waktu (1 – 2 tahun) tergantung karakteristik dari pola pemakaian bebanya.
Bisa dihitung dan di kalkulasi antara investasi pembelian VSD dengan pemakaian Control Valve misalnya pada aplikasi pompa.

Untuk aplikasi dengan motor EEX maka AC drive / VFD misal dipilih dengan type IP 54/55 maka harus di tempatkan dalam Cubicle/panel yang memenuhi syarat untuk hazardous area maupun di tempatkan di MCC/electrical room yang memenuhi dengan persyaratan tersebut tadi.
Begitu juga untuk panel/box control misal Input/Output button maupun Analog Input/Output device nya ditempatkan di dalam box/panel yang sesuai persyaratan tadi.
Contoh pemakaian applikasi tersebut mungkin bisa di temukan di fasilitas2 seperti OFFshore/ONshore untuk Oil n Gas industry maupun di area
Petrochemical dan mungkin rekan2 yang bekerja di instalasi tersebut bisa memberikan penjelasan lebih detail dan contoh aplikasi di lapangan yang lebih konkrit sesuai pengalaman dari rekan2 engineer/teknisi yang bekerja di sana.

Tanggapan 5 – Thomas Ari Negara

Saya tertarik untuk mengetahui BEP pemakaian VSD. Saya berharap ada sedikit table referensi yang bisa kita sharingkan sehingga bisa memberikan gambaran ke kita semua. Pada beberapa customer, mereka agak gimana klo saya propose untuk menggunakan VSD sebab memang investasinya lumayan tinggi, terutama brand brand yang sudah teruji.

Tanggapan 6 – Fedrianto

Wah, terima kasih rekan2 atas pencerahannya. Meskipun sy bukan org elektrikal tp skrg jd lumayan paham dengan penjelasan singkat dan padat dari rekan2 smua. hehe..thx once again..