Selama ini sertifikasi Tanki dilakukan oleh Badan Metrologi Bandung. Kalau yang disertifikasi tanki dan digunakan sebagai alat ukur, maka Ditjen Metrologi perlu melakukan kalibrasi dan Ditjen Migas mengeluarkan ijin penggunaan tanki sebagai alat ukur. Jika tanki bukan alat ukur dan digunakan untuk menimbun migas dalam bentuk cair, maka diperlukan ijin penggunaan/operasi oleh Ditjen Migas sesuai dengan Kep Dirjen Migas No.39.K/38/DJM/2002 tentang pedoman dan tatacara pemeriksaan keselamatan kerja atas tanki penimbun migas.

Tanya – trian

Selamat Pagi Bapak dan Mas,

Mohon pencerahan nya…

1. Adakah yang punya e-book tentang Tank?

2. Apakah lembaga Indonesia ada yang mengadakan Tank Certified? Bagaimana bentuk kualifikasi nya (ahli erection tank, hydrotest atau seperti apa?) Jika melibatkan person yang memiliki Tank Certificate dalam sebuah project, kira-kira dari sisi fee berapa range nya?

Terima kasih..

Tanggapan 1 – Muiz, Amrullah

Pak Trian

Selama ini sertifikasi Tanki dilakukan oleh Badan Metrologi Bandung.
Itu yang saya ketahui.

Tanggapan 2 – Didik Pramono

Pak Trian,

Menambahkan yang disampaikan Pak Amrullah. Kalau yang disertifikasi tanki dan digunakan sebagai alat ukur, maka Ditjen Metrologi perlu melakukan kalibrasi dan Ditjen Migas mengeluarkan ijin penggunaan tanki sebagai alat ukur.

Jika tanki bukan alat ukur dan digunakan untuk menimbun migas dalam bentuk cair, maka diperlukan ijin penggunaan/operasi oleh Ditjen Migas sesuai dengan Kep Dirjen Migas No.39.K/38/DJM/2002 tentang pedoman dan tatacara pemeriksaan keselamatan kerja atas tanki penimbun migas.

Tanggapan 3 – Ginting

Pak Trian

Sebagai Tambahan informasi untuk Tank khususnya storage sepengetahuan Saya adalah sbb:

1. Untuk Seertifikasi layak Operasi dikeluarkan tergantung di Lingkungan mana Tank tersebut dipergunakan, jika lingkungan MIGAS maka akan diterbitkan oleh MIGAS namun untuk lingkungan Industri akan diterbitkan oleh DEPNAKER.

2. Untuk Kalibrasi maka ini berhubungan dengan DIMET (Dinas Metrologi)Bandung

3. Untuk Tank Certified, diantaranya diterbitkan oleh MIGAS untuk berupa Inpektor Tangki Penimbun.

Semoga dapat membantu.

Tanggapan 4 – trian

Terima kasih atas sharing nya..

Pertanyaan nya selanjutnya lebih ke arah orang yang melakukan instalasi atau repair existing tank (yang akan kami lakukan).

Apakah orang tersebut juga membutuhkan sertifikat khusus? semisal seperti Welder atau WI.
Kalau ada, patokan untuk fee nya?