API pump atau pompa yang berstandar API bisa dipakai disemua power plant, biarpun power plant tersebut tidak mengacu kepada API standard, akan lebih optimal. Karena di API banyak disebutkan limitasi atau ukuran2 dimensi yang membuat pompa tersebut standard dan efektif, seperti clearance wearing ring, piping flush plan dll.

Tanya – abetabet

Dear Milister,

Saya mau tanya penggunaan Magnesium dan magnesium alloy untuk sacrificial anode, apa sekarang ga boleh di pakai? atau memang ada rules/regulation yang mengatur penggunaan anode jenis ini.

Terima kasih sebelumnya buat pencerahannya.

Rekan-rekan terhormat.
Saya minta bantuannya dong. Saya mau belajar tentang standarisasi API, ASTM, ASME, ANSI. Saya harus mulai dari mana? Terus rekan2 ada gak yg punya link, atau bahan yg bisa di-share. Bahan-bahan tersebut saya pakai untuk menambah pengetahuan saya untuk persiapan kerja di migas.
Terima kasih

Tanggapan 1 – -syaefrudin-

Mas abet, mungkin sangat sulit klo belajar standard code secara keseluruhan secara langsung ya..coz standard-standard tersebut diklasifikasikan berdasarkan disiplin ilmu masing2..dan mungkin lebih baik kalau belajar dimulai dari project case karena itu sangat membantu pemahaman tentang code itu sendiri. untuk dapat mengetahui secara globall mungkin bisa buka di websitenya masing2 code standard tsb..
btw, disiplin ilmu mas abet apa?

Tanggapan 2 – henry leonard saragih

Saya mau nanya nih, ,rekan Abet sekarang dalam status student atau sudah bekerja?Karena dengan begitu banyaknya standard yang ingin dipelajari Pak Abet, saya ndak yakin akan dapat dipelajari dalam waktu yang singkat.Kalau rekan Abet sbg student, mungkin dapat dimulai dengan contoh soal atau kasus yang diberikan pada waktu kuliah. Namun kalau rekan Abet sudah mulai bekerja, applikasi standard yang suadh ada dapat langsung di pakai.Sudah barang tentu dengan bimbingan expert.Yakinlah, alah bisa karena biasa.Selamat mencoba.Kalau tentang Standardnya, rekan Abet dapat cari melalui google.

Tanggapan 3 – abetabet

oh iya pak saya teknik mesin. standard yg berhubungan dengan rotating equipment, dan maintenance nya. project case maksudnya seperti apa ya pak?..apakah semua standard itu gak ada gratisannya ya pak, bayar semua?
terima kasih

Tanggapan 4 – abetabet

saya sudah kerja pak, lebih tepatnya masih dalam program pre-employeement trainee. sebagai teknisi rotating equipment. tapi selama ini saya belum pernah tuh bekerja dengan standard seperti itu, paling2 acuannya hanya buku manual dari OEM. tujuan saya belajar itu semua untuk persiapan ‘nyebrang’ ke migas. karena di salah satu lowongan untuk posisi Maintenance Enginer di salah satu prusahan migas syaratnya menguasai standard API, ASTM, ASME, ANSI. oh iya saya juga mau bertanya ke rekan-rekan. saya sudah dapet dan sudah saya ‘liat-liat’ API STANDARD 610 NINTH EDITION, Centrifugal Pumps for Petroleum, Petrochemical and Natural Gas Industries.

1. nah yg jadi pertanyaan api standard 610 itu dapat diterapkan gak di power plant? karena powerplant gak di singgung tuh di judulnya.

2. selain api standard 610, adakah standard api yg lain untuk sentrifugal pump?

3. di standard api 610 tertulis This Standard is Technically Equivalent to the
ISO Final Draft International Standard 13709. maksudnya apa ya pak? apakah isi ISO Final Draft International Standard 13709 juga sama dengan api 610? juga tertulis di halaman judulnya approved american standard ANSI. nah apa hubungan API 610 dengan ISO 13709 juga dengan ANSI?

4. tolong dong rekan-rekan kasih contoh penerapan standard API 610 ini dalam kegiatan maintenace pompa. apakah buku manual saja tidak cukup?

mudah2an pertanyan saya gak ada pertanyaan bodohnya. sebelumnya saya mengucapakan terima kasih.

Tanggapan 5 – febrian ardi

Mas Abet,

saya yang juga masih belajar coba menjawab menurut pendapat saya, mohon di maklumi..CMIIW

1. bisa

2. mungkin untuk standard API untuk mas abet adalah seri API 61X seperti

API STD 611 General-purpose Steam Turbines for Petroleum, Chemical, and Gas Industry Service

API STD 612 Petroleum, Petrochemical and Natural Gas Industries – Steam Turbines – Special-Purpose Applications

API STD 613 Special Purpose Gear Units for Petroleum, Chemical, and Gas Industry Services

API STD 614 Lubrication, Shaft-sealing and Oil-control Systems and Auxiliaries

API STD 616 Gas Turbines for Petroleum, Chemical, and Gas Industry Services

API STD 617 Axial and Centrifugal Compressors and Expander-compressors for Petroleum, Chemical and Gas Industry Services

API STD 618 Reciprocating Compressors for Petroleum, Chemical, and Gas Industry Services

API STD 619 Rotary-Type Positive-Displacement Compressors for Petroleum, Petrochemical, and Natural Gas Industries

3.menurut saya kalo disebutin technically equivalent, mungkin maksudnya standar itu diadopsi oleh ISO (telah melaui voting di technical comitte mereka) dan disetujui sebagai ISO standard. jadi isinya sama atau equivalent. sama juga dalam hal ANSI

4.kalo menurut saya standar seperti API 610 ini adalah payung teknik secara general
akan tetapi untuk masing2 mesin (dalam hal ini pompa) untuk operation dan maintenancenya mengacu ke manualnya masing2.
dan untuk manufaktur pompa saya kira juga sudah mengacu ke standar yang berlaku

mungkin mas2 dan mba2 yang lebih senior bisa memberi pencerahan kepada kami yang masih harus banyak belajar ini.

Tanggapan 6 – Robbin Gunawan T

Pak abetabet,

Saya bantu jawab no 1 dan no 2, API pump atau pompa yang berstandar API bisa dipakai disemua power plant, biarpun power plant tersebut tidak mengacu kepada API standard, saya rasa akan lebih optimal. Karena di API banyak disebutkan limitasi atau ukuran2 dimensi yang membuat pompa tersebut standard dan efektif, seperti clearance wearing ring, piping flush plan dll.

Kalo pompa nya API maka manual dimensi dan spesifikasi akan mengacu kepada API.
Begitu pula mechanical seal, API dan ANSI standard juga membuat dasar pembuatan mechanical seal yg unik dan memiliki berbagai arrangenment yang saya rasa cukup efektif penggunaan dan aplikasinya.