Fungsi Isolating joint itu memutus sambungan listrik. Dia berfungsi meniadakan hubungan listrik. Contoh 1 untuk memisahkan 2 buah system cathodic protection yang berbeda. Contohnya pipeline yang di laut dengan di darat, 1 pakai bracelet anode yang di darat pakai impress current… Ini harus dipisah, supaya masing masing efektif corrosion protectionnya. Fungsi lain sebagai safety equipment.. kalau ada petir yang lewat pipeline arus yang besar dari petir diputus oleh isolating joint ini. Kalau tidak bisa menimbulkan spark dan memicu kebakaran dalam sebuah plant.
Isolating joint jelas tidak boleh dikubur ataupun terendam dalam air. Tanah juga berfungsi sebagai conductor listrik.

Tanya – Sondang Manurung

Bapak dan Ibu,

Saya ingin menanyakan tentang isolating joint. Apakah dalam pemasangannya isolating joint boleh ditanam di dalam tanah? Saya pernah membaca di salah satu company spec yang menyatakan bahwa isolating joint tidak boleh ditanam di dalam tanah.

Mohon pencerahan dari Bapak/Ibu sekalian.

Tanggapan 1 – Andy Suhendro

Pak Sondang,

Kalo dipasang underground, flange-nya juga harus terisolasi dg baik sehingga terjamin flange tsb tidak ada electrical kontak dg tanah.

Tanggapan 2 – Sondang Manurung

Pak Andy, jika flangenya contact dengan tanah,fungsi isolationnya menjadi tidak berguna?

Tanggapan 3 – Andy Suhendro

Betul Pak, kalo isolasi yg melindungi flange tidak bagus sehingga terjadi electrical kontak dg tanah maka elektron yg harusnya membanjiri structure menjadi hilang ke tanah.

Tanggapan 4 – Erwin (Jakarta)

Sebab akan terjadi “ Arus Bocor “..sehingga Fungsi Isolation nya …gak berguna.

Tanggapan 5 – Sondang Manurung

Terima kasih, Pak Erwin.. Yang dimaksud ‘Arus Bocor’ ini seperti apa ya?

Di tempat saya bekerja sekarang hampir semua isolating koint ditanam di dalam tanah,,

Tanggapan 6 – Maurice Hutabarat

Ibu Sondang,

Untuk insulating joint type monolithic joint bisa ditanam di dalam tanah, karena bagian sambungan terproteksi di dalam monolithic joint itu sendiri dan tidak tersentuh dengan tanah.

Kalau memakai sistem insulating joint type gasket yg dipasang di flange connection, flange connectionnya harus seluruhnya di-insulasi (dibungkus, tepatnya. Bisa memakai Denso Tape) agar body flange tidak menyentuh tanah, jadi lebih praktis insulation joint type ini diletakkan di atas tanah.

Kegunaan insulating joint adalah untuk memutus arus Cathodic Protection yg terpasang pada pipeline, sehingga apabila insulating joint type gasket tidak diinsulasi seluruhnya dan ada bagian yg menyentuh tanah, sementara tanah itu adalah pengantar listrik, maka insulating joint menjadi tidak berguna.

Semoga membantu.

Tanggapan 7 – bantetgundulgembrot

Pak Manurung,

Mungkin yang dimaksud Pak Erwin adalah kekawatiran jika kita pasang isolating joint pada underground pipe akan terjadi koneksi antar pipa yang ingin kita isolasi karena gap isolating seal di monolithic isolating joint cukup kecil. Jika external coating pada isolating joint ini ada yang rusak dan di sekitar pipa ada stray current yang arahnya paralel terhadap pipa, bisa jadi arus (stray current) tersebut mengalir melalui pipa dan melewati elektrolit disekitar isolating joint.

Namun Pak Manurung jangan kawatir, tidak ada yang menyalahkan pemasangan isolating joint di bawah tanah, karena jika di lihat dari fig. 11 dan 12 di NACE RP 0286, isolating device dipasang di bawah tanah. Mungkin di tempat Pak Manurung kawatir ada gas yang terakumulasi sehingga di pasang di bawah tanah. Jangan lupa untuk untuk memasang wire test-nya pak. 🙂

Mengenai komen Pak Andy, mungkin bukan isolating flange joint, karena flange connection sangat tidak recommended diinstal buried.

Tanggapan 8 – Amal Ashardian

Fungsi Isolating joint itu memutus sambungan listrik. Dia berfungsi meniadakan hubungan listrik. Contoh 1 untuk memisahkan 2 buah system cathodic protection yang berbeda. Contohnya pipeline yang di laut dengan di darat, 1 pakai bracelet anode yang di darat pakai impress current… Ini harus dipisah, supaya masing masing efektif corrosion protectionnya..

Fungsi lain sebagai safety equipment.. kalau ada petir yang lewat pipeline arus yang besar dari petir diputus oleh isolating joint ini. Kalau tidak bisa menimbulkan spark dan memicu kebakaran dalam sebuah plant.

Isolating joint jelas tidak boleh dikubur ataupun terendam dalam air. Tanah juga berfungsi sebagai conductor listrik…

Kalau boleh tahu tempat Ibu Sondang itu dimana? (japri saja).
Untuk refensi coba buka NACE RP 0286.