Beberapa penyebab timbulnya long lasting arc blast adalah : – perawatan dan penjadwalan pengecekan peralatan listrik yang kurang memadai; – pekerja merubah setting alat pengaman; – penggantian alat pengaman yang tidak memadai. Sementara beberapa penyebab terjadinya arc adalah : – gagalnya peralatan; – kontak yang salah/memakai peralatan yang salah ketika maintenance; – defective material; – small animal intervention; – human error.

Pembahasan – a_firmansyah95

ARC FLASH

———

Adakah anda menyadari apabila anda tengah bekerja di sekitar elektrikal switchgear atau panel ada bahaya yang selalu mengintai anda yaitu arc flash (busur api) yang dapat mencederakan atau bahkan membunuh anda.

Kebanyakan daripada kecelakaan atau kecederaan karena elektrik adalah disebabkan sengatan elektrik dan arc.

Banyak sekali halaman-halaman web yang membahas tentang arc flash ini hingga cara-cara untuk memitigasi supaya orang masih dapat selamat ketika arc flash terjadi.

Berikut adalah link video yang menunjukkan kejadian arc flash:

http://www.easypower.com/arc_flash/arc_flash_videos.php

Antara standard yang menjelaskan bagaimana melakukan estimasi terhadap arc fault adalah IEEE 1584 dan NFPA 70E.

Kalau ada kawan-kawan di mailing list ini yang mempunyai pengalaman tentang arc flash, bolehlah berbagi informasi mulai dari kasus, proteksi terhadap arc flash, dll. Kebetulan juga, saat ini saya sedang mengerjakan arc flash study .

Terimakasih sebelumnya atas sumbangan fikiran dan saran anda.

Halo Mas Agung,

Apa kabar ? Lah lame kita tak bersua…dimana sekarang ?

Benar yang anda katakan, kasus ini menjadi cukup hangat apalagi jika dikaitkan film2 yang mas Agung lampirkan linknya, ledakan dan timbulnya panas dan tekanan berlebihan sepatutnya dihindari dari adanya gejala arc blast. Walau OCPD (over-current protectetive device) seperti circuit breakers dan fuses sudah terpasang namun terkadang hal ini tidak dapat menahan timbulnya panas dan pressure akibat long lasting arc-blast.

Beberapa penyebab timbulnya long lasting arc blast adalah :

– perawatan dan penjadwalan pengecekan peralatan listrik yang kurang memadai

– pekerja merubah setting alat pengaman

– penggantian alat pengaman yang tidak memadai

Sementara beberapa penyebab terjadinya arc adalah :

– gagalnya peralatan

– kontak yang salah/memakai peralatan yang salah ketika maintenance

– defective material

– small animal intervention

– human error

Sementara saran yang dipertimbangkan dapat mengatasi hal ini adalah :

1. Personil (electrician, inspector, technician) terlatih dan mengenal kode-kode electrical : IEEE, NEC, NFPA di OCPD.

2. Engineering intervention : ada personil yang kompeten melakukan Arc Flash Hazard Analysis (AFHA) yang berhubungan dengan desain peralatan, instalasi dan periodic maintenance. Lebih lanjut NEC 110.16 mensyaratkan adanya AFHA labelling atau petunjuk kemampuan circuit breaker dan fuses yang bersangkutan.

3. Bekerja dengan Sistem Safe Work Practise yang berkaitan dengan electrical

4. Pemakaian Flame Resistance Clothing sebagai last defense

Kebetulan nih, di artikel Journal American Society of Safety Engineers bulan Juni ada hal yang berkaitan hal ini baik yang membahas Arc Blast Hazards dan FR Clothing untuk mencegah arc flash burn.