UL = Underwriters Laboratory ===> Approval dari suatu asosiasi asuransi tentang pengujian di US (CMIIW) untuk fire protection. Kalau tidak salah ada juga untuk boiler, valve, dll. FM = Factory Mutual ===> Approval dari Salah satu Perusahaan asuransi terbesar di US yg dibentuk oleh beberapa perusahaan manufaktur besar di US bbrp dekade lalu sebagai respon atas tinggi nya premi asuransi yg ada & penurunan premi yg tidak signifikan walaupun beberapa perusahaan tsb sudah investasi cukup besar utk fire protection.

Tanya – a. agung nugroho

Dear All,

Apakah ada dari rekan2 yang paham mengenai Fire Pump UL/FM Listed?

Apakah bedanya dengan NFPA 20?

Saya mohon pencerahannya.

Terima kasih.

Tanggapan 1 – firza subchan

Pak Agung,

UL = Underwriters Laboratory ===> Approval dr suatu asosiasi asuransi ttg pengujian di US (CMIIW) utk fire protection..klo tidak salah ada jg utk boiler, valve, dll.

FM = Factory Mutual ===> Approval dari Salah satu Perusahaan asuransi terbesar di US yg dibentuk oleh beberapa perusahaan manufaktur besar di US bbrp dekade lalu sebagai respon atas tinggi nya premi asuransi yg ada & penurunan premi yg tidak signifikan walaupun beberapa perusahaan tsb sudah investasi cukup besar utk fire protection.

UL & FM approval setahu saya mengacu pada NFPA dll. Approval diberikan setelah pengujian system / equipment dalam jangka waktu / kondisi tertentu. Karena sangat mungkin terjadi kapasitas pompa & motor sudah sesuai dgn NFPA tapi ternyata tdk reliable dalam jangka waktu lama atau dalam kondisi tertentu performa nya jauh menurun.

Tapi belum tentu juga equipment yg blm di-approve itu kalah kualitasnya dgn yg sudah di-approve, karena setahu saya proses approval itu cukup mahal & harus diperbaharui dlm jangka waktu tertentu (mirip SNI).

Setahu saya kalo equipment sudah approval FM / UL, biasanya sesuai jg dgn NFPA (CMIIW)

Tanggapan 2 – a. agung nugroho

Dear All,

Terima kasih atas penjelasan dari rekans semua. saya ingin menanyakan satu hal lagi, apakah benar untuk diasuransikan fire pump wajib UL/FM listed (tidak boleh hanya NFPA 20 saja)? Mohon pencerahannya.

menanggapi keterangan dari Pak Firza :

‘Tapi belum tentu juga equipment yg blm di-approve itu kalah kualitasnya dgn yg sudah di-approve, karena setahu saya proses approval itu cukup mahal & harus diperbaharui dlm jangka waktu tertentu (mirip SNI).’

Mohon dijelaskan Pak, dalam jangka waktu tertentu itu berapa lama ya Pak? Apa berarti UL/FM itu ada masa berlaku dan harus selalu diperbaharui jika masa berlakunya mau habis?

Mohon pencerahannya.

Tanggapan 3 – firza subchan

Pak Agung Yth,

Setahu saya untuk kepentingan asuransi, UL/FM approval bukanlah suatu kewajiban, tapi akan jadi nilai tambah dimata asuransi (mungkin bisa jd bargain pengurangan premi).

Saya kurang tahu utk periode berlakunya approval tersebut atau proses sertifikasi ulang peralatan tsb, karena itu urusan manufacturer alat dgn pihak UL atau FM, bukan urusan bapak sebagai pengguna peralatan.

Seharusnya tidak ada masalah berarti jika peralatan yg sudah UL/FM listed ternyata approval nya tidak diperpanjang, kecuali jika peralatan tsb ada kesalahan desain/manufaktur (yg probabilitas nya mgkn agak kecil karena sudah diuji oleh FM/UL). Kecuali utk peralatan yg menggunakan chemical tertentu (contoh HALON) yg ternyata dikemudian hari ditemukan berbahaya bagi lingkungan/kesehatan.

Sebagai tambahan, kebanyakan sertifikasi / approval suatu peralatan / proses biasanya hanya berlaku utk periode tertentu (seperti ISO, sertifikat Halal, POM dll).

Tanggapan 4 – Rosano

Click aja ini

http://www.eng-tips.com/viewthread.cfm?qid=252979&page=1

Tanggapan 5 – Pranoto Hutomo

Pak Agung,

FM approved / UL listed ini seingat saya justru merupakan persayaratan yang ada dalam NFPA 20/25. FM approve untuk penggerak (driver) dan UL listed untuk pompanya. FM approved / UlL listed ini semacam sertifikasi yang diberikan oleh suatu badan di USA (kayak migas di Indonesia) kepada produk pompa fire dan penggeraknya. Jadi kalau pompa/driver sudah menyandang FM approve/UL listed, berarti pompa/driver tersebut sudah lulus uji.

Saya rasa penggunaan FM/UL ada kaitannya dengan asuransi. Banyak produk pompa fire yang mempunyai spesifikasi material lebih baik, tetapi belum mendapatkan label FM/UL. Untuk pompa semacam ini, belum tentu pihak asuransi mau memberikan garansi.

Demikian sekedar sharing.

Tanggapan 6 – Bently Nurpatriawira

Pak Agung,

sekedar sharing nih, kami br saja membeli FW Pump Package untuk offshore project dan as per spec.design harus as per NFPA 20. pompa yg kami beli komplit dengan engine, pump dan gear drive nya sudah UL/ FM.

tapi masalah jd timbul jika di spesifikasi client meminta package ini harus meet Zone 2 requirement. untuk pompa & gear drive tidak masalah tapi untuk engine akan jd masalah krn UL/ FM engine itu untuk safe area (CMIIW), jika kt harus comply ke zone 2 requirement maka engine harus dimodifikasi dan (katanya) any modification to the UL/ FM engine will void the listing (CMIIW lagi).

masalah yg kedua, design untuk pompa nya harus mengacu ke salah satu code/ std semisal API 610 atau ANSI/ HI 2.6 karena NFPA 20 tidak mengatur design pompa secara rinci hanya sebagai kesatuan system. spt impeller rated size, efficiency pompa, shut off condition, vibration, dll.

jadi hemat saya kt harus rada teliti membace spec dr client agar tidak terjadi conflict (jika ada) antara client spec dan NFPA 20 dan API610/ ANSI/ HI2.6.

mohon masukan dr teman2 yang lain yg lebih berpengalaman dengan FW Pump ini.