Select Page

‘Liquid’ di pipephase merupakan salah satu metoda empiris yg disediakan oleh Pipephase untuk mengakomodasi kebutuhan upstream, dimana fluidanya multikomponen dan sulit untuk dijabarkan dengan satu per satu dengan fraksi komponen masing (khususnya crude oil). Olehkarena itulah pipephase menyediakan package BLACKOIL, LIQUID, GAS.

Tanya – ari widodo

Dear rekan milis,

Saya sedang mensimulasikan crude oil dari production. Setelah mendapat crude oil analysis dari test laboratorium, saya memasukkan komposisi setiap komponen dari C1 – C40 ke dalam model hysys, dengan catatan komponen C30 sampai C40 saya jadikan satu menjadi C30, selain dikarenakan di database Hysys tidak tersedia komponen C31-C40 (CMIIW), juga saya tidak punya data physical properties utk membuat ‘hypo component’.

Setelah saya masukkan ke dalam model hysys, saya dapatkan specific gravity crude oil ini 0.775. Bila saya hitung API Gravity = (141.5/0.775) – 131.5 = 51.08. Sedangkan API Gravity hasil test di lab = 30.95. Bagi saya, hasil ini menunjukkan perbedaan yg sangat signifikan. Artinya, density crude oil hasil perhitungan hysys lebih kecil dibanding density crude oil hasil test lab.
Pertanyaan saya: apa yg menyebabkan berbeda? apakah hasil test lab-nya yg kurang akurat, atau deviasi perhitungan hysys yg disebabkan oleh penggabungan C30-C40 menjadi satu komponen C30 itu?

Kemudian saya masukkan hasil test lab ke dalam model pipephase. Saya menggunakan fluid type ‘compositional’ dan ‘liquid’ sebagai perbandingan kasus. Saya hanya memasang 1 SOURCE dan 1 SINK dan masing2 saya fixed pressure dan estimate flowrate. Hasilnya, ‘compositional’ model mendeliver lebih byk flowrate (15,100 bbl/day) dibanding ‘liquid’ model (11,800 bbl/day). Dugaan saya, crude oil yg dihitung menggunakan ‘compositional’ model density-nya memang lebih kecil dibanding crude oil yg dihitung menggunakan ‘liquid model’, sama seperti estimasi hysys sebelumnya.

Dari keadaan diatas, mohon pencerahan dari rekan2, apa yg sebaiknya saya lakukan agar hasil simulasi bisa dianggap representative. Bagaimana dgn perbedaan perhitungan hysys dgn hasil di lab? Mana yg lebih akurat ketika mensimulasikan crude oil dengan pipephase, menggunakan fluid type ‘compositional’ dgn memasukkan komposisi masing2 komponen, atau fluid type ‘liquid’ dengan memasukkan gravity fluid-nya. Please advise…

Tanggapan 1 – Darwis

Pak Ari,

Perbedaan ini mungkin disebabkan pengambilan basis C30, yang mewakili component C31 – component C40. Better jika kita ambil sebuah Hypothetical Compnent yang merupakan representative dar component C31 sampai component C40. Untuk ini mohon bantuan dari para team dari Laboratorium. Sepengetahuan saya, orang-orang laboratorium biasa handle masalah ini.

Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk masalah ini.

1. Input semua component C31 – component C40 ke Hysys dalam bentuk hypothetical component. Untuk itu dibutuhkan minimal 2 variable, boleh density, molecular weight atau normal boiling point. Molecular weight bisa diambil dari rumus molekul C31 – C40 (CnH2n+2, Alkana). Untuk properties
lainnya bisa dilihat di buku-buku handbook properties gas & liquid.

2. Biasanya Test Crude Oil yang diambil di field, dianalisa di laboratorium dengan Test Crude Oil dan hasilnya seperti diattached. Based on data ini, kita input ke HYSYS, pada Oil Manager di Simulation Basis Manager. Hysys akan create banyak hypothetical component yang merupakan representative dari crude oil tsb. Jumlah hypothetical component dapat kita define.

Sama seperti HYSYS, PIPEPHASE juga provide hypothetical component dan oil manager. Anda bisa melakukan dengan 2 cara seperti diatas. Kemudian hasilnya dibandingkan apakah memenuhi atau tidak.

Okay, semoga bermanfaat.

Tanggapan 2 – Budhi Swastioko Suryanto

Jawaban dari Instruktur Pelatihan Simulasi Proses KMI Bpk. M. Darwis.

Semoga bermanfaat.

Attachment : Hysys & PipePhase & Report Test Crude Oil.xls

Tanggapan 3 – ari widodo

Mas Budhi dan Pak Darwis,

Terima kasih atas jawaban-nya. At least, saya punya kesimpulan bahwa memang dibutuhkan effort yg lebih utk melihat apakah hasil simulasi bisa dianggap representative atau tidak. Saya setuju dengan Bapak, Poling-Prausnitz sudah menyediakan beberapa metode utk estimasi physical properties unknown components dgn GC method-nya. Dan saya akan coba estimasi utk komponen2 C31-C40 kemudian saya masukkan ke dalam model pipephase dan hysys.

Namun sebelum itu, saya penasaran utk mencoba dulu dengan case yg lebih sederhana, yaitu mensimulasikan pure water (H20) dalam pipephase, dengan menggunakan fluid type ‘compositional’ dan ‘liquid’. Hanya utk melihat seberapa jauh perbedaannya.

Untuk compositional type, tentu saja saya hanya memasukkan H2O dengan fraksi 1.

Untuk liquid type, saya memasukkan PVT data sbb:

API Gravity = 10

Heat capacity = 1.031 Btu/lb-F

Two-point viscosity = (110 F = 0.612 cP, 180 F = 0.341 cP).

Hasilnya, utk mendeliver water dari SINK dgn pressure 100 psig menuju SOURCE dengan pressure 20 psig menggunakan pipa 18 inch sepanjang 18 km, beda elevasi 0, ‘compositional’ type memberikan hasil 94,103 BWPD dan ‘liquid’ type memberikan hasil 99,820 BWPD. Ada perbedaan sekitar 5,700 BWPD.

Problemnya, saat ini saya sedang mencoba melihat kemampuan existing pipe bila ada penambahan fluid dari production well, dengan pendekatan model pipephase. Menurut saya, model pipephase yg saya buat haruslah merepresentasikan kondisi di lapangan sesungguhnya, karena existing pipe ternyata hanya mendeliver sekitar 70,000 BWPD saja.

Pertanyaan saya:

1. Apa yg harus dilakukan supaya model pipephase bisa merepresentasikan kondisi saat ini (flowrate 70,000 BWPD). Biasanya saya otak-atik di piperoughness-nya, kadang2 juga di flow efficiency-nya. Dicoba terus sampai flowrate-nya 70,000 BWPD. Apakah itu bisa diterima, atau ada cara lain yg lebih akurat?

2. Mohon advise berdasarkan pengalaman rekan2 pipephase user, mana yg lebih akurat, mensimulasikan suatu liquid dengan ‘compositional’ type, atau dengan ‘liquid’ type.

Terimakasih atas kesediaan rekan2 berbagi ilmu dan pengalaman.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan bulan November 2009 ini dapat dilhat dalam file berikut:

Share This