Oxygen merupakan salah satu corrodent yg menyebabkan korosi. Korosi oleh oxygen terjadi karena ada perbedaan konsentrasi oxygen (sel perbedaan konsentrasi). Bila tidak ada perbedaan konsentrasi oksigen, menurut teori tidak akan terjadi korosi, tapi pada prakteknya hal tsb sangat tidak mungkin karena oksigen ada dimana mana. Untuk meremove oksigen tentu harus dibuat kondisi vacum, tapi mungkin dibutuhkan cost yg tinggi spt membuat cassing untuk pipeline yg diantara pipeline & cassing nya di inject cairan non korosif misalnya.

Tanya – tanos frank

Hello rekan2 KMI yang budiman…

Mungkin saya ingin sharing sedikit tentang perkembangan external corrosion problem yang dialami oleh pipeline selama ini. Coating (pelapisan) adalah bagian dari suatu process untuk menekan perkembangan laju process external korosi. Cathodic protection juga adalah salah satu bagian penjegahan terjadinya process external. Pengalaman saya 28 tahun dalam dunia korosi diperminyak, banyak memberikan nilai positif tentang process korosi yang terjadi baik itu secara internal maupun external.

Khususnya pada korosi external, sebenarnya korosi external dapat dicegah dan di stop secara 100%. Artinya kita harus menyestop agar tidak terjadi process korosi pada dinding luar pipa secara 100%.

Coating, Wraping dan CP system sebenarnya kalau boleh bicara jujur, bahwa teknologi ini sudah usang (konservatip) dan tidak memberikan dampak positip dalam menekan atau mencegah laju process korosi.

Untuk mencegah agar tidak terjadi process korosi pada external pipa, oxygen yang ada disekitar pipa harus distop. Anoda dan katoda yang menyatu mengakibatkan terjadi process korosi karena adanya elektrolit (pengantar dalam hal ini tanah atau air). Yang lain penyebab korosi adalah faktor oxygen. Karena itu oxygen harus distop 100%.

Tanggapan 1 – hadi muttaqien

Pak Frank,

Menarik perhatian saya pernyataan bapak bahwa korosi eksternal bisa di stop 100%, karena selama ini yang saya tahu catodic protection, wrapping, Coating hanya mengurangi proses korosi, bagus juga kalau pak Frank bisa memberikan pencerahan metode baru yang bisa menghentikan proses korosi, dan mohon koreksi bila pendapat saya ini salah.

Tanggapan 2 – tanosfrank

Sahabat saya Hadi S,

Terima kasih pertanyaannya. Memang hal ini baru kami informsikan melalui milis KMI, memang selama ini ada banyak kendala yang dihadapi oleh CP system, Wraping maupun Coating. Kondisi tanah (elektrolit) berdampak buruk terhadap semua external pipeline. Karena itu protection oxygen attack pada external pipeline sangatlah penting. Untuk detailnya, anda dapat menghubungi saya melalui moderator milis KMI.

Tanggapan 3 – amannatur

Sangat Menarik Pak Frank….

selama ini fungsi CP adalah untuk mengurangi proses korosi (sama seperti Pak Hadi bilang) bukan untuk menyetop korosi 100%.

mohon di-share tentang ‘Protection Oxygen Attack’ pada Pipeline.

Tanggapan 4 – Alvin Alfiyansyah

Pak Frank,

Sebaiknya jika memang hal yang anda sarankan tidak berkaitan dengan brand dan copyright tertentu agar disampaikan lewat mailist.
Sebagai anggota tim safe operations dan engineering, saya mohon pencerahan dari anda.

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Agustus 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut :