Mau tanya mengenai posisi mechanical engineering untuk fresh graduate, apakah bisa masuk ke fasility engineering, kemudian field engineering apakah dapat masuk ke pipe? Apa yang dipakai untuk masing-masing posisi tersebut?

Tanya – WInz

Rekan-rekan Migas,

Mau tanya mengenai posisi mechanical engineering untuk fresh graduate, apakah bisa masuk ke fasility engineering, kemudian field engineering apakah dapat masuk ke pipe? Apa yang dipakai untuk masing-masing posisi tersebut?

Tanggapan 1 – purnama@umcntp

Mungkin akan lebih baik lagi kalau menggunakan bahasa yang ‘Indonesia’ mas…akan terdengar lebih nyaman..

Tanggapan 2 – Robbin Gunawan T

Iya neh, bikin malu anak mesin aja, bahasanya gak melambangkan jurusannya..tar kalo kerja bikin GWP or FSWP bisa gak dpt approval dari team leadernya..agak cowo dikit mas..

Tanggapan 3 – Winz

Maaf, jika saya menggunakan bahasa yang kurang formal. Saya akan menggunakan kata-kata formal pada post-post berikutnya..Terimakasih.

Tanggapan 4 – Winz

Sudah Pak, saya sudah membaca tata tertib sekarang.. Terimakasih atas sarannya. Sekarang apakah Bapak bisa membantu saya memberikan informasi yang saya butuhkan???Terimakasih..apakah hanya Field , Facility, piping, serta maintenance Eng merupakan 4 posisi awal yang tersedia untuk seorang mech eng jika menginginkan posisi sebagai eng??

Tanggapan 5 – parana_mechanical

Kalau memang tujuannya untuk piping engineering level fresh graduate, bisa dicoba langsung apply posisi jr Piping engineer, jadi tidak diharuskan muter2 dulu jadi field eng or facility eng. basic ilmu kuliahan yang di pakai antara lain mekanika fluida, sistim instalasi fluida, keuntungan kita sudah experience di profesi engineering seperti field dan facility juga ada, hal tersebut banyak mendukung buat bekal profesi piping engineer, at least kita tahu dasar2 piping dan juga standard2 yang di pakai sebagai referensi ie: pressure design of piping components, fluid service requirement, flexibility and supports,P&ID etc. Semoga membantu dan mohon ditambahkan bagi yang lain.

Tanggapan 6 – WInz

Sebenarnya saya lebih condong ke arah aplikasi dari ilmu termodinamika dan heat transfer..Atau di kategorikan dengan konversi energi..dari posisi-posisi yang ada lebih ke arah mana yah???dan Biasanya job desk apa yang saya lakukan..

Tanggapan 7 – ari kristiawan

kalau untuk aplikasi termodinamika, konversi energi, heat transfer menurut saya sebaiknya ke arah rotating equipment atau ke facility engineering(seperti compressor, boiler, pompa) itupun anda juga harus matangkan ilmu mekanika fluida/sistem fluida. Dan anda juga tidak musti terfokus pada oil and gas company saja karena equipment tersebut juga banyak dipakai di industri manufacturing.