Noble Energy Inc dan mitranya telah menandatangani letter of intent untuk menjual gas alam dari lahan Tamar, di offshore Israel, ke Israel Electric Corp Ltd (IEC).

Penulis : Eric Watkins

Noble Energy Inc dan mitranya telah menandatangani letter of intent untuk menjual gas alam dari lahan Tamar, di offshore Israel, ke Israel Electric Corp Ltd (IEC).

Chairman Noble dan Chief Executive Officer Charles D. Davidson mengatakan perusahaan optimis mengenai LOI dengan IEC, yang menandai ‘langkah yang sangat penting’ dalam perkembangan melanjutkan proyek Tamar.

‘Kemajuan pada kedua pengembangan dan pemasaran Tamar terus menggerakkan kami bersama menuju produksi pertama pada tahun 2012, sesuai dengan proyeksi awal kami,’ kata Davidson.

Berdasarkan LOI, IEC mengharapkan untuk membeli sekurang-kurangnya 95 bcf / tahun gas dengan potensi untuk mendapatkan jumlah yang lebih tinggi untuk jangka waktu 15 tahun yang dimulai pada startup dari Tamar.

Noble memperkirakan bahwa total pendapatan untuk periode 15 tahun menjadi 9,5 miliar dolar dengan menggunakan volume penjualan yang diharapkan dan harga yang dikalkulasikan dengan harga yad minyak pada saat ini.

Nobel dan para mitranya telah menandatangani LoI untuk penjualan gas dari Tamar dengan cadangan total kumulatif diperkirakan pada 10.5 milyar dolar.

Diskusi tambahan berlanjut dengan sejumlah pelanggan potensial mengenai pasokan gas Tamar. Nobel memperkirakan total gross sumber daya berarti sumber di Tamar sebesar 6,3 tcf.

Sebagai bagian dari LOI terpisah, IEC mengharapkan untuk pembelian gas dari Nobel dan para mitranya akan membangun cadangan inventory strategis di Mari-B.

Mitra Mari-B akan memberikan IEC dengan injection, storage, dan penarikan kemampuan untuk persediaan ini berdasarkan perjanjian layanan terkait.

Perusahaan listrik swasta Israel, Dalia Power Energi sebelumnya menandatangani LOI untuk membeli gas dari lahan Tamar grup Noble.

Noble mengoperasikan Tamar, yang terletak di lisensi Matan, dengan 36% working interest. Stakeholder lain Isramco Negev 2 28,75%, Delek Drilling 15,625%, Avner Oil Exploration 15,625%, dan Dor Gas Exploration 4%.

Noble juga adalah operator Mari-B dengan 47,059% saham, sementara Delek Bor memiliki 25,5%, Avner Oil 23%, dan Delek Investment 4,441%.

Sumber: www.ogj.com