Secara umum ASME VIII tidak mengenal 100% Radiography Test (RT), yang ada adalah joint effisiensinya 100% sedangkan kategori RT adalah full, spot atau none dengan status RT1, RT2, RT3 atau RT4. Tetapi terlepas dari istilah tsb diklarifikasikan dengan clientnya , karena masing-masing client mempunyai presepsi yang berbeda.

Tanya – edfarman chan

Mohon advisenya,

Adakah pengertian 100% RT dan Full RT yang secara jelas disebutkan ASME Sect.VIII Div-1?
Sama atau berbedakah?

Tanggapan 1 – Anto

Mas Edfarman,

Berbeda mas antara 100% RT dengan Full RT, biasanya 100% RT adalah requirement client yang ada didata sheet yang mengharuskan semua butt weld joint harus di RT termasuk nozzle <=10', sedangkan untuk Full RT sepengetahuan saya secara spesifik/definisi full RT tidak ada dicode (ASME Sect XIII Div-1), yang ditentukan adalah joint category & joint eff selain requirement pada UW-11 dan yang termasuk Full RT adalah sbb :

1. RT 1 untuk all buttweld joint (circum & longitudinal), except nozzle <= 10' and plate thk <= 1 1/8'

2. RT 2 untuk butt joint category A Full RT & joint category B spot RT

Demikian mas yang dapat saya sampaikan, monggo untuk yang expert menambahkan atau mengoreksi.

Tanggapan 2 – Nur Rohman

Pak Edfarman,

Setahu saya, kedua hal tersebut punya pengertian yang beda… 100% RT berarti semua weld yang dimaksud wajib dilakukan RT… Sedangkan Full RT berarti sebuah joint harus di-RT sepanjang lasan…. bila anda membaca ASME sect. VIII akan dijumpai juga Spot RT yang berarti hanya beberapa bagian (section) dari suatu joint saja yang di-RT.

Bila suatu joint mandatory dilakukan RT maka RT tersebut haruslah Full RT.

Tanggapan 3 – I Made Sudarta I Made Sudarta

Urun rembug untuk masalah ini. Mari kita lihat tujuan penggunaan RT pada inspeksi pengelasan, RT adalah salah satu metodologi inspeksi yang sifatnya tidak merusak (non destructive), digunakan dengan tujuan untuk mengetahui ‘kualitas’ dari suatu pengelasan di mana hal ini tidak bisa dilakukan secara visual, kemudian seperti kita ketahui dan lakukan (common practice) bahwa RT digunakan hanya pada tipe join ‘butt weld’ saja. Jadi untuk menterjemahkan pengertian 100% dan full RT adalah mempunyai makna yang sama (kuantitave dan kualitative), kembali kepada pengertian makna tersebut, dapat diartikan sebagai ‘seluruhnya’ kecuali ada kata-kata spot atau note tertentu.

Tanggapan 4 – agus suwarno

Pak Edfarman,

Secara umum ASME VIII tidak mengenal 100% RT, yang ada adalah joint effisiensinya 100% sedangkan kategori RT adalah full, spot atau none dengan status RT1, RT2, RT3 atau RT4. Tetapi terlepas dari istilah tsb diklarifikasikan dengan clientnya , karena masing-masing client mempunyai presepsi yang berbeda:

1. Presepsi 1:Menganggap 100% RT berarti semua lasan harus dilakukan radiography, bila tidak bisa diRT maka harus dicarikan penggantinya, seperti dilakukan UT, MT atau PT.seperti pendapat dari Pak Nur Rohman.

2. Presepsi 2: Menganggap 100% RT sama dengan full RT, hanya mereka menamakan RT 100%.

Demikian sumbangan pendapat dari saya.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan yang diambil dari Mailing List Migas Indonesia bulan Januari 2009 ini dapat dilihat dalam file berikut: