Secara umum jenis RTD yang sering digunakan untuk sensor temperatur pada motor adalah 3 wire RTD probes.

Tanya – Parmonangan

Dear Milister

Mohon pencerahannya mengenai spesifikasi kabel yg menghubungkan secara langsung RTD terpasang pd motor ( winding and bearing ) dengan relay yang ada di MCC Panel ( relay brand : Crompton ) dengan jarak 200 meter. Apakah bisa mengunakan control cabel multi core atau memerlukan kabel khusus?

Terimakasih.

Tanggapan 1 – Ruslan rasyid

Kalau untuk RTD biar memakai kabel control biasa itu sepanjang pengalaman saya tidak ada masalah, cuma yang perlu diperhatikan apa membutuhkan type kabel yang tahan panas bila area yang dilewati cukup panas. biarpun panjang kalau menggunakan rumus R=rho.(L/A) saya rasa hambatan yang terjadi masih cukup kecil, dimana rho = tahanan jenis bahan, L = panjang bahan A= diameter kabel. dan jika RTD menggunakan 3 core kabel maka biasanya alat pembaca tahanannya sudah menghitung kompensasi hambatan dengan panjang kabel yang digunakan. Semoga penjelasan ini berguna.

Tanggapan 2 – Ferdi Firdausy

Sebagai bahan referensi tambahan, saya pernah menggunakan 8T-16AWG untuk menghubungan Motor diatas 300 kw ke Relay yg ada di MCC. yang perlu diperhatikan selain panas adalah kondisi lingkungan yang memiliki tingkat korosif tinggi.

Tanggapan 3 – alman fauzi

Secara umum jenis RTD yang sering digunakan untuk sensor temperatur pada motor adalah 3 wire RTD probes. Bapak bisa gunakan kabel control Triad, biasanya saya pakai 6 Triad (asumsi : 1 probe/phase & 1 probe/bearing). untuk sizenya kabel, bapak bisa gunakan minimum 20 AWG (jarak max dari probe ke converter untuk size 20 AWG adalah 970 ft,-ref.Altronic RTD-),tapi biasanya spec kabel instrument min 16 or 14 AWG.
Untuk type kabel tergantung dari area yang dilewati kabel tersebut, apakah memerlukan proteksi khusus atau tidak.
Semoga membantu.