Primavera, MS project, artemis, dll, hanyalah tool/software yg membantu kita untuk planning dan scheduling, project/cost control dan close out. Sebenarnya baik P6 maupun MSPEnterprise sdh memiliki berbagai macam features untuk membantu para planner/PM memanage projectnya. Cuman kebanyakan kita baru memakai feature schedulingnya (buat barchart doang). Feature2 lain seperti Earned Value, resources leveling, budgeting, cost control, PERT jarang atau bahkan tidak sama sekali digunakan. Juga kebanyakan kita tidak menggunakan CPM method yg merupakan basis dr kedua sofware ini secara benar. Seperti link antar activity yg tdk logik, open end activity, negative float, dll.

Tanya – hadi muttaqien

Dear rekan2 milis,

Mohon infonya dong kalau ada rekan2 di milis ini tahu tempat penjualan buku guideline/manual primavera P6 atau bila ada yang punya buku tersebut, ada yang ingin beli buku tersebut.
Boleh kirim responnya via japri.

Tanggapan 1 – Sugeng Hariyadi

Mas HDM,

Sekadar berbagi…,

Mengenai buku untuk P-5 atau P-6 Primavera, setahu saya belum ada yang merilis untuk umum. Di indonesia hanya ada di Jakarta sebagai sales representative untuk penjualan. Hal ini juga pernah saya tanyakan saat training P-6 dari agen Singapore saat di Batam, bahwa mereka akan mendistribusikan guide line book saat pembelian program yang asli. Dan memang tidak di jual Dipasaran.

Kalau anda masih berminat, mungkin bisa cari dari teman anda yang punya program P-5. Anda bisa pelajari dari user guide. Ini tidak jauh berbeda dengan P-6. Kelebihan dari P-6 daripada P-5 adalah P-6 hampir mirip dengan microsoft project dalam pengetikan, bisa di Copy and Paste, serta dalam penyusunan WBS lebih mudah daripada P-5.

Tanggapan 2 – Cahyo Laksono Hadinoto

Pak Sugeng,

terima kasih atas informasinya,

Keliatannya memang benar yg dikatakan pak Sugeng perihal belum adanya manual untuk P5 atau P6 Primavera. Kebetulan beberapa waktu lalu saya mencoba searching di internat, meski sudah cukup mumet tp cuma dapat semacam tulisan perihal transforming P3 to P6 atau manual2 singkat yg ditulis atas nama pribadi.

Tanggapan 3 – Admin Migas

Apa memang tidak ada manual P5 di internet ?

Saya ada tuh… cuma ukurannya besar sekali 8.21 MB dalam format PDF.

Sayang, copyright yang ada di dokumen tersebut membuat saya urung meletakkannya di situs Migas Indonesia Network. Agar bisa didownload oleh anggota milis.

© 1997 – 2005 Primavera Systems, Inc. All rights reserved. Unless otherwise noted, this software is the property of Primavera Systems, Inc. (Primavera) or its licensors and is entitled to copyright protection. Any reproduction in whole or in part is strictly prohibited.

Manual P3 juga ada.

Coba cari lagi dengan menggunakan oom google.

Tanggapan 4 – Cak Tris

Coba dilihat di link berikut ini :

http://www.scribd.com/search?query=Primavera+P6&x=38&y=12

Tanggapan 5 – Cahyo Laksono Hadinoto

Terima kasih banyak Pak Sutrisno,

setelah buka linknya rupanya mudah untuk download file2 yg terkait denga P6.

Oh ya, sekalian salam kenal juga.

Tanggapan 6 – rudd haas

rekan2..

mungkin cuma sharing aja..

untuk yang sudah experince menggunakan MS Project dan P3 atau P5/P6 mana ang paling confortable di gunakan sebagai tools untuk Planning, atau Project management secara comprehensif.

Tanggapan 7 – rusydi.usman

Primavera, MS project, artemis, dll, hanyalah tool/software yg membantu kita untuk planning dan scheduling, project/cost control dan close out. Sebenarnya baik P6 maupun MSPEnterprise sdh memiliki berbagai macam features untuk membantu para planner/PM memanage projectnya. Cuman kebanyakan kita baru memakai feature schedulingnya (buat barchart doang). Feature2 lain seperti Earned Value, resources leveling, budgeting, cost control, PERT jarang atau bahkan tidak sama sekali digunakan. Juga kebanyakan kita tidak menggunakan CPM method yg merupakan basis dr kedua sofware ini secara benar. Seperti link antar activity yg tdk logik, open end activity, negative float, dll.

Pada intinnya pemahaman terhadap CPM dan EVM serta tentunya nature dr proyek itu sendiri, SOW, WBS dan budgetingnya (manhour,material dan cost) adalah bagian terpenting dan tersulit untk bisa membuat suatu Master Schedule yg realistic dan achieveble.
Penguasaan software menurut saya adalah bagian yg termudah. Anda bisa mengambil kursus 3 hari, atau belajar otodidak (learning by doing) dengan membaca manual. Primavera atau MS Project sama aja.

Mohon maaf jadi agak ngelantur.

Tanggapan 8 – Maretdhioko, Imam (Ma’aden)

Sependapat dengan Pak Rusydi.

Tiap-tiap software mempunyai kelebihanya masing-masing. Tapi bagaimanapun software kalau inputnya sampah, outputnya akan sampah.

Seperti membuat schedule dengan ribuan aktivitas tetapi tanpa logic yang benar akan percuma.

Tujuannya kan membuat suatu Master Schedule yang realistic dan achievable. Dimana dalam schedule tersebut memuat informasi-informasi seperti:

– Milestone contract.

– Deliverables engineering yang critical.

– Long lead item dari procurement.

– Major contraction/fabrication aktivitas. Dll. Yang sudah memperhitungkan gimana metoda konstruki/instalasinya.

Seorang planner biasanya berkordinasi dengan lead engineer, procurement, dan orang konstruksi untuk membuat suatu master schedule yang menjadi pengangan bersama.

Dan senantiasa schedule di update dengan informasi yang terbaru dan akurat.

Pengalaman dahulu, kontraktor Jepang dalam membuat schedule hanya dengan spreadsheet saja untuk membuat bar chart schedule. Namun didalam barchart tersebut jelas telihat sequence pekerjaan ditambahkan dengan cuplikan gambar layout per area dan metoda instalasinya dengan jelas sekali dan bagaimana membuat interface schedule dengan subkontraktor lainya.

Pengalaman adalah modal yang sangat berharga buat seorang planner dalam membuat schedule yang logis, tidak hanya sekadar menarik-narik bar chart schedule saja.

Untuk manualnya/guideline biasanya setiap software asli akan disertakan manual booknya atau bisa search di menu helpnya. Kalau mau lagi bisa mencari buku-buku manual yang bisa di search di google.

Beberapa situs menarik buat para planner seperti dibawah;

www.planningplanet.com http://www.planningplanet.com/

www.aacei.org http://www.aacei.org/

www.pmi.org http://www.pmi.org/

Tanggapan 9 – Irviantanto Hadiprasetyo

Dear Pak Hadi Muttaqien,

I have a book for Training Primavera ver 6.0. If you need make a copy, could you please contact me via japri.
Thank you.

Tanggapan 10 – Sigit Kumoro Bekti

Dear P Irvi,

As your offer, Do you mind if I have a copy? How can I contact you in advance. I really need it. Any cost for it? Thanks.

Tanggapan 11 – Mill Wright wright

kalau training pak irvi punya info ngga pak..??? maklum klo baca buku sptnya kelamaan.

thanks alot pak.

Tanggapan 12 – lexander NAinggolan

Coba aja di EDP Media pak, mereka yang punya lisensi resmi untuk primavera….coba di googling saja ya.