Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) Venezuela dan Eni SPA Italia sepakat untuk membentuk dua joint venture untuk memproduksi dan menyuling minyak dari blok Junin 5 di Orinoco belt.

Penulis : Eric Watkins

Petroleos de Venezuela SA (PDVSA) Venezuela dan Eni SPA Italia sepakat untuk membentuk dua joint venture untuk memproduksi dan menyuling minyak dari blok Junin 5 di Orinoco belt.

‘Kesepakatan ini adalah hasil dari 2 tahun bekerja terus-menerus antara PDVSA dan Eni,’ kata Chief Executive Paolo Scaroni perusahaan ‘Junin adalah salah satu blok dengan harapan terbesar dalam Orinoco belt yang sangat menarik,’ katanya, seraya menambahkan bahwa kilang akan memberikan proyek ‘ketahanan yang lebih besar.’

Scaroni dan Pres. Rafael Ramirez PDVSA sepakat untuk membentuk JV terpisah untuk mengekstrak dan menyaring minyak heavy crude yang ditemukan di 424-sq km blok Junin 5, dengan PDVSA mengambil 60% dan Eni 40% dari setiap usaha.

JV pertama adalah untuk menghasilkan 75.000 b / d minyak pada tahun 2014. Ketika akhirnya produksi mencapai 240.000 b / d, JV kedua akan membangun kilang di Jose Industrial Complex.

PDVSA mengatakan pengaturan, yang harus disetujui oleh Majelis Nasional Venezuela serta dua papan perusahaan yang akan ditandatangani di Caracas pada Jan 26.

Bulan Desember lalu, Cina dan Venezuela menandatangani lima perjanjian serupa, satu mengenai pemurnian dan dua menyangkut eksplorasi dan pengembangan ladang minyak di Orinoco belt.

Bulan November lalu, Ramirez-yang juga menjabat sebagai menteri perminyakan Venezuela—mengatakan World Congress ketiga pada cadangan crude bersertifikat Heavy Oil di Orinoco belt diperkirakan akan mencapai 235.6 billion bbl pada quarter ketiga tahun ini dan total cadangan 316 billion bbl.

Ramirez mengatakan Orinoco belt akan memproduksi lebih dari 532.000 b / d 16-32 ° gravitasi minyak, dan ia menyoroti beberapa proyek yang bertujuan meningkatkan produksi.

Secara khusus, menteri menyebutkan sebuah konsorsium perusahaan Rusia dan PDVSA yang bertujuan untuk menghasilkan 450.000 b / d dari Junin 6; sebuah JV dengan CNPC yang akan menghasilkan 400.000 b / d dari Junin 4; dan sebuah proyek dengan Petrovietnam di Junín 2 diharapkan menghasilkan 200.000 b / d.

Menurut analis IHS Global Insight, beberapa akan berdebat dengan potensi produksi besar yang ditawarkan oleh cadangan heavy oil dari Venezuela dan menjanjikan investasi baru dari perusahaan asing harus menghasilkan volume produksi yang lebih tinggi di tahun-tahun mendatang.

12.000-sq km Orinoco belt terdiri dari empat bidang utama: Ayacucho, Boyaca, Carabobo, dan Junin, dengan masing-masing wilayah utama dibagi menjadi 27 blok.

Sumber: www.ogj.com