Select Page

Painting pipa (external surface) biasanya dibagi menjadi dua yaitu non-permanent dan permanent coat. Aplikasi non-permanent coat biasanya untuk pengiriman dan storage baik indoor maupun outdoor untuk component yang nantinya akan dibungkus dengan insulation. Untuk coating jenis ini biasanya digunakan red oxyde primer. Metode aplikasi (surface prep, DFT, humidity, mixing, dll) sebaiknya mengikuti rekomendasi paint manufacturer. Namun… biasanya ada saja customer yang meminta di-coat dengan permanent walaupun component tersebut nantinya dibungkus dengan insulation…. untuk hal ini sebaiknya dilihat lagi PO-nya.

Tanya – baronpsultan

Halo Pak Moderator n temen2 milis..

Mau tanya seputar pengecatan/painting untuk pipa gas.yg mjd p’tanyaan :

1. ada berapa sih metode painting untuk pipa gas dan bagaimana caranya??

2. dimana dan apa saja yang bisa mjd literatur metode pengecatan pipa gas

3. macam-macam cat dan teknik penggunaannya bagaimana dan apa-apa saja?? trimaksih banyak dan sukses untuk para milis.

Tanggapan 1 – abdi raja

pak baron,

pipa gas yang akan di cat apakah pipa baru (cold and new) atau hanya sekedar maintenance purpose.

Tanggapan 2 – Dwi Utomo

Selain yang ditanyakan Pak Abdi Raja (new or maintenance), perlu tanya juga, yang dimaksud pipa gas itu Proces Piping (termasuk flowline & gathering lines) yang mengalirkan gas, atau Pipeline (yang ada kemungkinan pakai coating instead of painting)?

Tanggapan 3 – muhammad.n.rohman

Pak Baron,

Painting pipa (external surface) biasanya dibagi menjadi dua yaitu non-permanent dan permanent coat.

Aplikasi non-permanent coat biasanya untuk pengiriman dan storage baik indoor maupun outdoor untuk component yang nantinya akan dibungkus dengan insulation. Untuk coating jenis ini biasanya digunakan red oxyde primer. Metode aplikasi (surface prep, DFT, humidity, mixing, dll) sebaiknya mengikuti rekomendasi paint manufacturer. Namun… biasanya ada saja customer yang meminta di-coat dengan permanent walaupun component tersebut nantinya dibungkus dengan insulation…. untuk hal ini sebaiknya dilihat lagi PO-nya…

Untuk component yang dalam aplikasinya tidak dibungkus dengan insulation harus diaplikasikan permanent coating. Aplikasi coating ada yang 2 (primer – top coat) atau 3 (primer – intermediate – top coat) layer yang tergantung dari jenis paint yang digunakan. Penentuan pemakaian jenis paint biasanya berdasarkan temperature waktu running… jadi anda harus tahu betul berapa temperature piping anda… Sebaiknya anda contact dengan paint manufacturer / vendor dalam menentukan jenis paint untuk tiap coat-nya beserta metode aplikasi dan product inspectionnya, bila vendor anda tidak bisa memberikan jasa konsultasi sebaiknya jangan gunakan vendor tersebut….

Pemilihan jenis paint untuk maintenance coat harus mempertimbangkan kemudahan dalam pelaksanaanya… baik itu suarface preparation maupun aplikasinya… Surface preparation sebaiknya menggunakan hand / power tool (bukan near white or commercial blast seperti untuk new product)…

aplikasinya sebaiknya dengan touch up menggunakan hand brush or roll (bukan dengan spray…) Jenis paint untuk primer / intermediate / top coat sebaiknya juga anda konsultasikan dengan paint manufacturer / vendor.

Thanks for your attention.

Share This