Tujuan utama relay adalah mengisolasi gangguan semaksimal mungkin agar tidak melebar ke lokasi lain. Time delay untuk berbagai tipe relay itu sama aja untuk merk apa aja…. yg berbeda adalah cara settingnya yg dpat dibaca di manual instructionnya. Time delay dimaksudkan agar pemulihan gangguan (biasanya recloser) dapat bekerja dulu untuk pemulihan. Namun perlu dicermati adalah besarnya arus gangguan dan daya tahan material yg ‘diproteksi’ sehingga kita dapat menentukan berapa lama time delay tsb kita implementasikan.

Tanya – endra setiawan

Buat teman-teman migas,khususnya electrical, mohon bantuan penjelasan tentang time delay relay 62 mengenai prinsip kerja, setting dan lain sebagainya… trima kasih atas petunjuknya… info, saat ini saya status sebagai siswa BPS pertamina ditempatkna di UP 2 Dumai, dan kemaren mendapat tugas tentang relay 62, khususnya di Kilang minyak.

Tanggapan 1 – Inok

Mas Endra,

Mungkin pertanyaannya kurang spesifik, sehingga tidak ada jawaban.

Ada baiknya anda cantumkan merk relay tsb, setau saya sih prinsip kerja relay itu dapat dianalogikan seperti sensor/instrumentasi yang dapat ‘merasakan’ sesuai dengan apa yang kita mau. Klo relay yg ‘dirasakan’ adalah arus listrik.

Tujuan utama relay adalah mengisolasi gangguan semaksimal mungkin agar tidak melebar ke lokasi lain.

Time delay untuk berbagai tipe relay itu sama aja untuk merk apa aja…. yg berbeda adalah cara settingnya yg dpat dibaca di manual instructionnya.

Time delay dimaksudkan agar pemulihan gangguan (biasanya recloser) dapat bekerja dulu untuk pemulihan. Namun perlu dicermati adalah besarnya arus gangguan dan daya tahan material yg ‘diproteksi’ sehingga kita dapat menentukan berapa lama time delay tsb kita implementasikan.

Semoga membantu.

Tanggapan 2 – ady hawis

Mungkin yang dimaksud mas endra ANSI code protection function 62 time delay stopping or opening relay ya?

Tanggapan 3 – endra setiawan

trimakasih atas bantuan semuanya…iya,,yang saya maksud disini tentang Code dan Standartnya yang terbaru,,saya kemaren telah menemukan di IEEE 141 dan juga 242, tapi masi yang lama…mungkin rekan-rekan ada yang punya standart terbaru..terimakasih.