Netbook hanya cocok untuk menjalankan aplikasi ringan seperti aplikasi Office, Yahoo messenger, MSN Messenger, Gtalk, Skype, browser Mozilla, Opera, Safari. Tak lupa webcam juga tertanam pada jenis-jenis tertentu untuk digunakan live cam menggunakan aplikasi Messenger yang support view cam.
Jadi apabila Anda membutuhkan komputasi berat untuk menjalankan aplikasi semacam AdobePhotoshop CS4, Adobe Premiere, AutoCAD dan aplikasi berat lainnya, netbook bukan pilihan yang tepat.

Tanya – Samuel

Salam semuanya, kalau boleh minta saran dari para pakar di milis ini. Bagaimana kalau HYSYS 3.2 dinstall di Netbook dengan procesor Intel Atom N270 dengan RAM 1 GB? Apakah bisa berjalan normal?
Terlalu berat tidak kalau ACAD LT.2008 dinstall di netbook tersebut? terima kasih sebelumnya.

Tanggapan 1 – Tulus Pandapotan Sastra

Salam Pak Agus,

Kalau yang saya dengar dari orang2 sih..Laptop mungil dengan processor Intel Atom itu lebih cocok digunakan untuk hal2 yang ringan saja, seperti ngetik (Ms.Office), Internet (email) dll. Kalau untuk Design, apalagi dengan CAD LT 2008, mungkin berat dan gak cocok sepertinya sekalipun dengan RAM 1Gb. Kalau saran saya sih untuk Design lebih cocok bila dengan menggunakan Desktop Komputer kali ya.

Mungkin rekan2 IT yang lain ada saran.

Tanggapan 2 – Novianto_DW

Pak Agus, netboook hardware didesign untuk aplikasi word processing + browsing + aplikasi2x ringan lainnya.

Untuk aplikasi2x yang berat seperti autocad, proE, UG lebih baik menggunakan pc dengan spesifikasi hardware untuk keperluan design seperti HP xw4300. Mungkin ada rekan2x yang lebih paham bisa memberi masukan ?

Terima Kasih

Tanggapan 3 – Peki Hariyanto

Tambahan informasi yang saya dapatkan dari Internet…

Netbook hanya cocok untuk menjalankan aplikasi ringan seperti aplikasi Office, Yahoo messenger, MSN Messenger, Gtalk, Skype, browser Mozilla, Opera, Safari. Tak lupa webcam juga tertanam pada jenis-jenis tertentu untuk digunakan live cam menggunakan aplikasi Messenger yang support view cam.

Jadi apabila Anda membutuhkan komputasi berat untuk menjalankan aplikasi semacam AdobePhotoshop CS4, Adobe Premiere, AutoCAD dan aplikasi berat lainnya, netbook bukan pilihan yang tepat.(Haris Rismawan/ techradar.com/pcmag.com/Cakrawala-Pikiran Rakyat)**

Tanggapan 4 – Muhammad Yandhi

sebagai tambahan informasi jugasaya juga penah nyoba mengistal software seperti compress dan hysys di laptop dengan procesor Intel Atom N270 dengan RAM 1 GB, bisa di instal namun pada saat pengoperasian sangat lah lambat sekali, bahkan sering ngehang..so laptop dengan prossesor intel atom N270 sangat tidak di rekomended, bisa digunakan di laptop namun harus spesifikasi core to duo and memorinya min 2 GB.

Tanggapan 5 – Ivan Dwisaputra

Benar kata pak Peki, klo Laptop kemampuannya sangat terbatas apalagi tuk aplikasi pemprograman, sebaiknya Bpk menggunakan CPU yg telah memiliki Processor, VGA dan RAM yang cukup besar. klo mau tetap memaksakan menggunakan Laptop, sebaiknya Bpk memilih Laptop yang mempunyai Processor, VGA dan RAM yang besar.
Mungkin tmn2 yang dibidang Computer bisa lebih membantu.

Tanggapan 6 – Admin Migas

Pada kondisi saat ini, sebagian besar laptop sudah berupa desktop replacement.

Kemampuannya sudah bisa disejajarkan dengan desktop.

Saya sendiri sekarang selalu menggunakan notebook (tablet PC) untuk menjalankan semua aktivitas.
Dari mulai pekerjaan kantor, administrasi milis, pengelolaan dokumen, bahkan sampai audio video.

Saya senang membuat video keluarga dalam format DVD.

Kalau prosesor nggak kuat, proses rendering by software bisa makan waktu berjam-jam.
Tapi hal tersebut mulus-mulus saja dilakukan di laptop yang saya gunakan.
Cuma karena menggunakan sistem operasi Windows Vista, maka RAM sudah saya upgrade ke 4 GB.
Kemudian untuk monitor, saya hubungkan ke beberapa LCD 19′ & 21′.
Kalau aplikasi video yang berat saja sudah OK, maka running aplikasi program yang lain akan baik-baik saja.

Yang dipermasalahkan adalah netbook, bukan notebook / laptop.
Memang netbook didesain untuk keperluan internet yang mobile.
Bukan menjalankan aplikasi yang berat-berat.

Tanggapan 7 – ejapratomo

pak Agus, kan sudah ada minimum requirement dari setiap program..
klo notebook bapak.. memenuhi minimum requirementnya pasti bisa jalan, cuma ada beberapa fitur yg agak berat yg sangat lama untuk dijalankan.. klo bisa sih notebooknya yg memenuhi recommended requirement.

Tanggapan 8 – deddy Adrian

bung eja, cuman mau ingetin yang ditanyain netbook bukan notebook…
saya rasa netbook kurang capable untuk simulasi pak, mungkin akan sangat lambat dan akan menyebabkan hang.
Saran saya kalo bapak menginginkan tipikal yang tipis dan ringkas, bisa menggunakan laptop yang berukuran 9.5′, kalo ga salah HP punya.

Tanggapan 9 – Rifai, Boorham (Jakarta)

Urun rembug. Kalau info dari temen sebelah, katanya dgn netbook dari Acer milik beliau, beliau bisa run PDMS dan AutoCAD (dgn objek yg tidak terlalu rumit mungkin). Sekarang katanya lagi digunakan untuk pekerjaan dgn Solidwork dan untuk sementara ini pekerjaan itu mampu dihandle oleh netbook beliau. Yg jadi pertanyaan mungkin sampai seberapa kompleks objek atau kalkulasi bisa dihandle oleh netbook tanpa mengorbankan kenyamanan sang pengguna. Mungkin netbooknya kuat ngitung, tapi bisa jadi butuh waktu yg lama. Maklum Atom n270 itu dibuat bukan utk raw performance, tapi low power requirement. Atom n270 (1.6 GHz) menurut wikipedia memiliki kemampuan ½ dari Pentium M 740 (1.6 GHz).

http://en.wikipedia.org/wiki/Silverthorne_(CPU)

Tanggapan 10 – m.ismail fahreza

Mas Agus, aku pakai MSI netbook dengan processor Atom… saat ini aku install Autocad 2007 dan SACS 5.1.. sampai sejauh ini sih tidak ada masalah dan runningnya juga nggak terlalu berat karena aku tambahin RAM nya jadi 1,5 GB.
tapi nggak tau juga kalo untuk Acad 2008 berat atau tidaknya mungkin ada yang sdh pernah mencoba.