Inboard/Outboard patokannya adalah dari sisi transmisi powernya (kopling, pulley&belt).. Jadi yang dekat dengan kopling akan disebut inboard sedangkan yang jauh dengan kopling disebut outboard). Kalau kita ketemu pompa dari jenis between bearing atau overhang bearing akan dengan mudah menentukan mana inboard mana outboardnya.

Tanya – Doni Hermansah

Pak Lutfi and rekan-rekan migas

saya punya pengalaman sewaktu saya interview untuk middle east (coba-coba), tentang

– Inboard pump and Outboard oump

kebetulan itu pertama kalinya saya mendengar jadi saya jawab aja tidak tau mohon penjelasannya pak and rekan-rekan migas semunya mungkin ada yang sudah
familiar dengan model pump ini.

Tanggapan 1 – Bently Nurpatriawira

Pak Doni,

saya pernah mendengar istilah yang dimaksud sewaktu OJT dulu….. waktu itu kita akan melakukan/ mengambil data vibrasi pada rotating equipment (centrifugal pump&compressor) nah alat ‘itu’ (saya lupa namanya) ditempelkan pada sisi outboard dan inboard equipment nya.

kalau tidak salah inboard itu adalah sisi yang dekat dengan driver nya dan outboard adalah sisi yang seberangnya.

mungkin teman2 ada yang lebih experience dalam hal ini mohon masukannya…..

Tanggapan 2 – yoki vriandana

klo boleh ikut nambahin, dikatakan posisi inboard ato outboard itu dari posisi dekat kopling.
sebagai contoh, semisal konfigurasi pada motor—kopling—pumpa. jadi yang dekat dengan kopling disebut motor inboard & pompa inboard, yang jauh dari kopling disebut motor outboard & pompa outboard. mungkin itu dari saya dan bisa dilihat gambar yang saya attach. terima kasih.

Tanggapan 3 – Syamsul

Dear All,

Setahu saya untuk pump & compressor,

– Jika kita mengacu ke equipmentnya, inboard adalah sisi dalam (yang dekat dengan impeller) sedangkan outboard adalah sisi terluar.

– Jika kita mengacu ke train (include driver), maka sisi yang dekat dengan driver disebut Direct End (DE) sedangkan sisi yang jauh disebut Non Direct End (NDE).

Tanggapan 4 – Teguh Santoso

maaf koreksi sedikit,

DE=drive end, NDE =non drive end.

inboard/outboard patokannya adalah dari sisi transmisi powernya (kopling, pulley&belt).. Jadi yang dekat dengan kopling akan disebut inboard sedangkan yang jauh dengan kopling disebut outboard). Kalau kita ketemu pompa dari jenis between bearing atau overhang bearing akan dengan mudah menentukan mana inboard mana outboardnya.CMIIW

Tanggapan 5 – syamsul

O iya pak teguh.
Terima kasih atas koreksinya.

Tanggapan 6 – Doni Hermansah

Ok Thank’s banget atas informasinya rekan-rekan semua.

saya baru tau orang-orang timur tengah punya nama untuk drive end (DE) and Non drive end (NDE) itu inboard and out board pump, or saya nya yach ya pak yang kurang gaul.