Fungsi Degasser selain untuk mengurangi kadar gas CO2, juga untuk mengurangi kadar gas2 lainnya. Salah satu fungsinya misalnya di unit CDU, sebelum diadakan inspeksi internal kolom, biasanya dilakukan gas freeing untuk menetralkan internal kolom dari gas maupun dari uap2 hydrocarbon lainnya yang bertujuan agar pada waktu manway dibuka untuk pelaksanaan internal kolom, tidak terjadi flash maupun tidak membahayakan pekerja yang akan melaksanakan internal inspection. Untuk gas freeing (degassing) sendiri bisa menggunakan kompressor (udara), dan teknologi terkini yaitu dengan menggunakan chemical, untuk brand nya bisa di googling, cukup banyak kok suppliernya.

Tanya – Jhonson Silalahi

Dear Rekan-rekan sekalian.

Saya mau bertanya jika ada yang mengerti dengan Degasser. Apakah degasser sama seperti Deaerator? Deaerator digunakan untuk mereduce O2 sebelum air tersebut diisap oleh Feed Water Pump dan disalurkan ke Boiler. Apakah fungsi Deaerator bisa digantikan oleh Degasser tersebut.

Demikian, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – hermanto st.pangeran

Salam pak tukang ketel dari medan,fungsi Deaerator berbanding terbalik dengan degasser.
Mekanikal deaerator biasanya mengunakan steam yg dialirkan pada tray2 secara berlawanan arah dengan feed water yg berfungsi untuk mereduce O2 content dari feed water. Sedangkan Degasser menggunakan kompresor untuk mengurangi kadar gas CO2 pada proses demineralization.
Jika Kompresor yg digunakan dalam proses Deaerator maka kandungan O2 dalam feed water justru akan bertambah.

semoga bermanfaat, mungkin ada yg dapat menerangkan lebih detil karena saya juga tukang ketel (Boiler), sangat sedikit mengetahui proses water treatment dan demin water.

Tanggapan 2 – hendrikawan

Menambahkan dikit pak,

Yang saya tahu fungsi Degasser selain untuk mengurangi kadar gas CO2, juga untuk mengurangi kadar gas2 lainnya. Salah satu fungsinya ya pada waktu TA misalnya di unit CDU, sebelum diadakan inspeksi internal kolom, biasanya dilakukan gas freeing untuk menetralkan internal kolom dari gas maupun dari uap2 hydrocarbon lainnya yang bertujuan agar pada waktu manway dibuka untuk pelaksanaan internal kolom, tidak terjadi flash maupun tidak membahayakan pekerja yang akan melaksanakan internal inspection. Untuk gas freeing (degassing) sendiri bisa menggunakan kompressor (udara), dan teknologi terkini yaitu dengan menggunakan chemical, untuk brand nya bisa di googling, cukup banyak kok suppliernya.

Untuk deaerator sendiri, seperti yang disampaikan pak Herman, prinsip kerjanya menggunakan steam yang dialirkan secara counter current untuk menstrip dissolved gas pada BFW, salah satu impurities pada BFW yang tidak diinginkan adalah O2. Untuk mengikat O2 terlarut dalam boiler feed water agar tidak menimbulakan korosi di boiler, maka harus diinjeksikan Hydrazine (N2H4) atau senyawa lain yang berfungsi sebagai oxygen scavanger (senyawa sulfite, DEHA, Hydroquinone) di deaerator. Reaksi hydrazine dengan oksigen adalah sebagai berikut :
O2 + N2H4 â 2 H2 O + N2

N2 adalah gas yang tidak berbahaya dan akan menguap keluar dari deaerator. Internal deareator sendiri terdiri dari dua compartement (seksi) atau bagian, yaitu heating section dan aeration steam.

Jadi menurut saya secar prinsip, kedua alat itu berbeda dan tidak bisa saling menggantikan.

Mungkin rekan2 ada yang bisa menambahkan?