Gelombang electromagnetic bisa mempengaruhi alat-alat sensor yang bekerja berdasarkan gegermoler…(sensor bekerja berdasarkan radiasi), gelombang elektromagetik akan mengiiterferensi sensor dan akan mengganggu pungsi kerja sensor tersebut.

Tanya – Heru

Dear All,

Saya menjumpai permasalahan, ada ruangan yg di design agar terkontrol suhu dan humidity-nya akan tetapi didalam ruangan tsb terdapat lebih dari 50 unit lampu fluorescent (TL) dengan balast elektrik.
Masalah yg timbul, sensor (dgn bacaan digital) tidak dapat membaca dgn akurat pada saat semua lampu menyala dan yg menjadi pertanyaan saya:

1) Apakah gelombang elektromagnet dari balast elektrik memang bisa mempengaruhi sensor thermostat.

2) Bila item 1 diatas benar, tindakan apa yg harus dilakukan untuk meng-isolir atau meg-eliminate gel elektromagnet tsb.

Mohon pencerahan dari anggota millis yg punya bnyk pengalaman.
Terima kasih atas responnya,

Tanggapan 1 – Cahyo

Pak Heru

saya termasuk Newbie =),

dulu saya pernah melakukan type test EMI untuk suatu equipment, dan kesimpulannya (1) equipment tersebut harus memiliki imunity dari gangguan EM (2) equipment yg kita buat tidak boleh mengeluarkan gelombang EM yg dapat mengganggu kinerja equipment lain.

dalam hal ini seharusnya sensor tersebut sudah memiliki imunity terhadap gelombang EM. mungkin bisa ditanyakan pada produsen thermostat tersebut.

dalam type test tersbut dilakukan percobaan; dengan mengisolasi equipment dengan alumunium foil, mengatur internal elektronik component, mengatur frekuensi dll, dan hal itu ternyata dapat mengurangi efek gelombang EM.

hanya sekedar berbagi, mengenang masa-masa di Lab =).

Tanggapan 2 – sabandi

Dears Heru

Gelombang electromagnetic bisa mempengaruhi alat-alat sensor yang bekerja berdasarkan gegermoler…(sensor bekerja berdasarkan radiasi), gelombang elektromagetik akan mengiiterferensi sensor dan akan mengganggu pungsi kerja sensor tersebut…..

Tidakan yang harus di lakukan adalah memblok paparan radiasi gelombang electromagnetic dengan timbale (Pb).

Tanggapan 3 – hadi muttaqien

Pak Sabandi,

Apakah memblok paparan radiasi gelombang electromagnetic itu biasa di buat ‘Sangkar Faraday’? Bagaimana kalau areanya itu luas atau panjang, contohnya sewaktu memeriksa ‘holiday test’ untuk coating pipeline?

Tanggapan 4 – Sabandi

Kalau seperti Holiday test bisa diberikan di sekitar holiday gun proteksi radiasi.., yang memblokir laju paparan radiasinya.

Atau ada rekan lain yang bisa menambahkan.

Tanggapan 5 – Bambang Cahyono

Saya menambahkan sedikit Pak, diruangan Bapak sepertinya banyak medan listrik dan medan magnet, yang saya maksud berbeda dgn cahaya ya Pak. gelombang ini memang mudah mempengaruhi alat ukur yg menggunakan mekanis seperti alat2 yg menggunakan jarum penunjuk, tetapi kalau yg tepengaruh adalah alat ukur digital biasanya dari gelombang radio, seperti handphone, tetapi bisa juga dari alat itu sendiri yg memakai frekwensi digital shg jika Bapak berada didekatnya mempengaruhi reactansi kapasitifnya. makanya penunjuknya nggak stabil. apakah alatnya sudah ditest kestabilannya Pak? misalnya ditempat lain yg terbuka.

Tanggapan 6 – Heru

Dear Pak Sabandi,

Terima kasih atas penjelasannya,

Kami sudah mencoba memblok sumber EM dgn aluminium foil tapi tidak berhasil dan saran bapak utk memblok dgn timbal (Pb) akan kami pertimbangkan.
Sampai saat ini vendor dan supplier sensor belum memberikan saran atau solusi yang tepat akan tetapi yang saya dengar mereka sedang melakukan uji coba.

Terima kasih juga untuk teman2 lain yg telah memberikan saran dan pencerahan.

Tanggapan 7 – maryadi_ahmad

Mas Heru,

Klo boleh tahu jenis apa sich sensor thermostatnya ?

bimetal atau ‘electronic’ ..

mengapa dgn timbal ? bukannya Pb termasuk bahan beracun-berbahaya, apalg utk aplikasi indoor yach..

Tanggapan 8 – Heru

Mas Ahmad,

Sensor yg digunakan jenis electronic.
Mungkin mas Ahmad punya pengalaman & solusinya.
Terima kasih,

Tanggapan 9 – maryadi_ahmad

shielding dgn almuniumfoil mungkin tdk efektif mas, shieldingnya bisa diimprove dgn casing metal & mengcover seluruh enclosure system thermostatnya, tp cara inipun dpt mengurangi keakuratan sensor membaca suhu+humidity ruangan, sebab klo tertutup seolah2 khan yg diukur hanya sebatas kondisi didlm casingnya sj..

mungkin cara lainnya, merelokasi posisi sensor ke tempat yg gangguan EM-nya relatif kecil..

Tanggapan 10 – Jamoto Saragih

Apa mungkin itu akibat dari gelombang electromagnetic?, atau mungkin kah pengaruh harmonic distorsion?