Biasanya dalam desain Atmospheric tank, dipergunakan software tank 3.10 ataupun dengan excel tool utk tank desain. Disini kita mengacu pada API 650 (welded steel tank for oil storage), API 620 utk desain large tank, serta manual book dalam mendesain tank tsb. Adapun dalam menentukan thk utk tiap course utk shell nya bisa dengan : one foot methode ataupun dengan variable methode. Untuk lebih detail ttg metode perhitungan dari tank ini bisa bapak baca di API 650 ataupun manual book nya. dan, kita juga bisa membuat sendiri perhitungannya berdasarkan perumusan di buku tsb, dengan excel.

Tanya – Febrian

Rekan2 milis

Mohon petunjuk tempat training/lembaga yg mengadakan untuk tank dan analysis khususnya menggunakan software API 650.
Apakah untuk pv elite bisa digunakan untuk analisys dan calculation contoh untuk menetukan thikness pada shell, bottom, roof dsb. Mohon infonya terima kasih.

Tanggapan 1 – -syaefrudin

Pak Febri,

Setahu saya pvelite tidak bisa digunakan u/ kalkulasi tank 650..tp dari coade sendiri sudah buat softwarenya yaitu CoadeTank u/ kalkulasi tank sesuai API 650.. CMIIW..

Tanggapan 2 – Febrian

Pak SYA, boleh tw dimana tempat training tank tersebut, karena sepengetahuan saya COADE pelatihannya belum ada di indonesia. atau ada lembaga training yang ditunjuk, terima kasih.

Tanggapan 3 – Tri harso

dear Pak Febri,

saya mau menambahin sedikit, biasanya dalam desain Atmospheric tank, saya mempergunakan software tank 3.10 ataupun dengan excel tool utk tank desain. Disini kita mengacu pada API 650 (welded steel tank for oil storage), API 620 utk desain large tank, serta manual book dalam mendesain tank tsb.

adapun dalam menentukan thk utk tiap course utk shell nya bisa dengan : one foot methode ataupun dengan variable methode. Untuk lebih detail ttg metode perhitungan dari tank ini bisa bapak baca di API 650 ataupun manual book nya. dan, kita juga bisa membuat sendiri perhitungannya berdasarkan perumusan di buku tsb, dengan excel.