Istilah resmi PHA itu menjadi populer setelah OSHA mengeluarkan peraturan federal US, OSHA 29 CFR 1910.119. Dalam OSHA ini Process Hazard Analysis, diharuskan untuk diselenggarakan ‘at least every five years by a team which meets the requirements of 1910.119(e)(4)’. Termasuk dalam PHA ini adalah bermacam methodologynya: ada What If Checklist, Ada HAZOP, ada FTA, dll. Tergantung kompleksitas facility yang ditinjau, tingkat resiko facility yang diulas, nilai kapital facility yang dikaji, dst.

Tanya – primagint

Rekan- rekan saya berencana membuat PHA tentang Iso pentane.
Sebagai gambaran plant untuk iso pentane masih dalam perancangan.
Mohon informasi dari rekan – rekan mengenai referensi tentang PHA.

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Dear mas Prima,

PHA seperti apa yang anda maksudkan? Apakah benar ini Process Hazard Analysis?

Ketidaklengkapan informasi dalam BERTANYA akan berakibat ketidaktepatan JAWABAN pada pertanyaan anda.

OK lah, saya coba optimis, PHA yang anda maksud ini adalah PHA, eit, sorry, Process Hazards Analysis.

Istilah resmi PHA itu menjadi populer setelah OSHA mengeluarkan peraturan federal US, OSHA 29 CFR 1910.119. Dalam OSHA ini Process Hazard Analysis, diharuskan untuk diselenggarakan ‘at least every five years by a team which meets the requirements of 1910.119(e)(4)’.

Termasuk dalam PHA ini adalah bermacam methodologynya: ada What If Checklist, Ada HAZOP, ada FTA, dll. Tergantung kompleksitas facility yang ditinjau, tingkat resiko facility yang diulas, nilai kapital facility yang dikaji, dst.

Jika plant nya masih dalam tahap perancangan, dan ancer ancer P&ID nya sudah jadi HAZOP mungkin lebih cocok – saya bilang mungkin karena memang tidak ada satupun PHA yang menyelesaikan dengan ces pleng persoalan process safety. kalau untuk industri manufaktur pembuatan solenoid valve misalnya, FMEA yah lebih ok. FTA, dilakukan jika data reliabilitya cukup lengkap.

Saya ada artikel gratis mengenai PHA, bisa di donlot gratis di website www.iips-online.com masuk ke publication kemudian klik Process Hazard Analysis.

Selengkapnya, mengenai PHA bisa dibaca di buku nya CCPS, Guidelines for Hazard Evaluation for Process Safety.

semoga membantu.

Tanggapan 2 – Roslinormansyah

Nambahi sedikit cak Garonk,

Nigel Hyatt juga mengeluarkan buku tentang Introduction to PHA dan sekalian software-nya (PHA Pro ver 6)..klo memang dibutuhkan.kontak saya via japri aja ya…

Tanggapan 3 – Alvin Alfiyansyah

Apa bukan MSDS yg dimaksud atau assessment dari sisi industrial hygiene yg mau dibidik ? Atau mungkin ya PHA seperti yang sudah Om DAM maksudkan. Susah dibantu kalo informasi kurang mengkerucut.

Tanggapan 4 – dessy gultom

Selamat siang Bapak, Ibu….

Meskipun bahan untuk PHA bejibun di internet, ternyata malah membuat saya yang baru mau mulai belajar tentang ini jadi tambah bingung hehehe…
Jadi, untuk memudahkannya, mohon bantuan Bapak dan Ibu untuk mengirimkan bahan2 terkait PHA yang memudahkan pembacanya untuk paham dan mulai mencoba-coba mempraktekkannya.

Mohon dibantu, terima kasih atas bantuannya.

Tanggapan 5 – Crootth Crootth

Mbak Dessy,

Tujuannya untuk apa dulu Mbak Dessy? karena tidak ada cara instant untuk mahir dan menjadi ahli dalam PHA. Semua melalui proses pengalaman kerja langsung selama beberapa tahun.

Jika yang dibutuhkan buku berbahasa indonesia, harap bersabar barang beberapa bulan, saat ini saya sedang membuat buku tentang PHA dalam bahasa indonesia. Buku ini memang saya tulis berdasarkan 10 tahun pengalaman saya sebagai Process Engineer, Sr. Process Engineer, maupun saat ini sebagai Lead Process Safety Engineer plus berbagai intisari dari buku buku mengenai PHA, standar dan regulasi PHA, berbagai Laporan PHA, serta software PHA yang ada di pasaran.

Rencananya buku ini tidak akan dijual, melainkan bisa didapatkan gratis sebagai tanda keanggotaan IIPS (www.iips-online.com ) atau dibagi2kan ke perguruan tinggi di Indonesia, atau diberikan secara gratis sebagai doorprize dalam acara IIPS.

Insyaallah jika lancar quartal pertama tahun depan buku ini siap diluncurkan.

Tanggapan 6 – dessy gultom

Terima kasih masukannya, Pak.

Tujuan tahap pertama adalah memahami dasar-dasarnya.
Namun agar kami lebih cepat paham (sedikit paham mungkin ya hehehe…soalnya kalau jadi ahli memang masih jauuuuuuuuuuuuuuuuh sekali), sambil menunggu buku Bapak tentunya, mohon di-share ya Pak materi-materi yang cocok untuk kami para pemula. Dengan dipilihkan oleh Bapak, pasti kami akan secara terarah dan sistematis memahaminya menuju ke level yang berikutnya.

Jika boleh Pak, karena ada kalanya pemahaman muncul melalui contoh-contoh, jika ada contoh penerapan PHA (tentu yang menurut Bapak cukup bisa dipahami oleh pemula), mohon di-share ya Pak.

Terima kasih Pak

Tanggapan 7 – Roslinormansyah

Mbak Dessy,

Coba masuk ke link ini ; http://www.hss.energy.gov/nuclearsafety/ns/techstds/standard/hdbk1100/hdbk1100.pdf

Mungkin bisa membantu pemahaman mbak Dessy tentang PHA.

Mas DAM benar, ada banyak teknik yang dikategorikan sebagai PHA. Dan Alhamdulillah internet menyediakan semua re-sources tersebut namun rata-rata memang berbahasa asing. Bahkan jika mau berkorban sedikit waktu dengan surfing agak lama di internet, mbak Dessy bisa dapatkan semua buku CCPS secara gratis (yang menjadi buku acuan para Process Safety), bahkan bisa pula menembus jurnal-jurnal ternama yang memberikan pencerahan PHA secara sederhana : seperti Jurnal Process Safety Progress, Loss Prevention, Journal of Hazard Material, Safety System & Reliability Engineering, dll.

Dyadem, baik buku PHA tulisan Nigel Hyatt dan PHA Pro ver 7 dapat pula di unduh gratis di internet..cuman dengan syarat harus pantang menyerah terus surfing di internet.

Semoga bisa membantu keinginan mbak Dessy,

Tanggapan 8 – PRINCE TAMBUNAN

Bisa baca buku ‘HAZARD EVALUATION PROCEDURES’ terbitan Center for Chemical Process Safety. Maaf saya tidak punya softfile-nya bu, jadi tidak bisa kirim. Cuma punya bukunya. Di kampus2 biasanya punya, karena saya dapat bukunya dari salah satu dosen perguruan tinggi.

Buku ini sangat bagus dan mudah dimengerti.

Juga ada contoh2 kasus dan diskusi dari setiap jenis PHA.
Silahkan dicari bu 🙂