Dalam mendesign belt conveyor, ada ketentuan besaran incline atau decline-nya. Kalau saya membayangkan dengan jarak 21 m sementara tinggi bin 17m maka sudut incline-nya akan sangat besar, tapi saya tidak tahu apakah masih direkomendasikan atau tidak. Salah satu standard yang bisa dirujuk yaitu CEMA (Conveyor Equipment Manufacturer Association).

Tanya – Putra_mu

Apakah mungkin membuat belt conveyor, dengan jarak 21 m dari stok yard batubara ke coal bin dengan ketinggian coal bin adalah 17 meter.

1) Bagaimanakah perhitunganya dan pemilihanya?apakah ada standar yang bisa digukan?

2) syarat – syarat apa saja yang diperlukan dalam perhitungan dan pemilihan?

3) bagaimana menentukan daya motor listriknya?

Kapasitas : 40 ton/h

Kecepatan : 60 m/min

Belt Width : 500 mm

saya sudah baca dari siegling belting, tapi belum mengerti.

Tanggapan 1 – fuad mubaraq

Dahulu tugas akhir saya mirip dengan itu pak mungkin Literaturnya ditambah pak, pakai CEMA. belt conveyor for bulk material cukup lengkap dan mumpuni..

Tanggapan 2 – Endri Prasetyo

Pak Putra,

Dalam mendesign belt conveyor, seingat saya ada ketentuan besaran incline atau decline-nya. Kalau saya membayangkan dengan jarak 21 m sementara tinggi bin 17m maka sudut incline-nya akan sangat besar, tapi saya tidak tahu apakah masih direkomendasikan atau tidak. Salah satu standard yang bisa dirujuk yaitu CEMA (Conveyor Equipment Manufacturer Association).

Perancang conveyor kadang2 membagi dalam beberapa bidang ilmu yaitu: mechanical, civil/structure dan electrical/instrumentation. Tentunya semua terintegrasi dalam satu sistem.
Contoh parameter yang berkaitan dengan mechanical adalah: belt weight, capacity, belt tension, speed, idler spacing, trough angle, service factor dll.

Silahkan para Material Handling Engineer (Conveyor), akan sangat menarik jika diskusinya dilanjutkan.

Tanggapan 3 – Cahyo Laksono Hadinoto

Dear Pak Putra,M.o<

Salam kenal sebelumnya,
berbicara tentang sudut kemiringan conveyor, berdasarkan pengalaman dilapangan, sudut maximum yg biasa kita gunakan adalah sebesar 15 derajat (belt conveyor). Jikalau sudut max tersebut sdh tercapai sebenar ada banyak alternative yg bisa dikerjakan. Coba deh Bpk baca2 bukunya Juanda Toha dan CEMA seperti yg telah disampaikan sebelumnya oleh Pak Endru Prasetyo.