Saya mau bertanya mengenai material structure steel A 36, akan kami pakai sebagai frame skid equipment lokasi di Offshore. Dimana di syaratkan oleh Client A 36 killed dan fine austenite grain.

Tanya – syofyan sabana

Selamat Pagi Bapak2,,

Saya mau bertanya mengenai material structure steel A 36, akan kami pakai sebagai frame skid equipment lokasi di Offshore. Dimana di syaratkan oleh Client A 36 killed dan fine austenite grain.

Pertanyaan saya,

1. Apakah material ini wajib killed dan fine austenite grain, apa penyebabnya jika iya.

2. Jika kami membeli material A 36 saja, apa yang wajib kami lakukan agar material ini bisa menjadi killed dan fine austenit grain

Sebelumnya terima kasih atas jawaban Bapak2.

Tanggapan 1 – Zhuafri

Maaf neh.. kalo salah saya..

1. A36 Killed itu kalau setahu saya, material yang dipakai untuk anak tangga stadion-stadion internasional, katanya lebih lentur, karena para penonton biasanya berlompat-lompat di atasnya bila memberi semangat.

2. Nah.. ini saya ga tau.. pak, teman metallurgi bisa kali pak.. jawabnya.

Tanggapan 2 – farabirazy albiruni

Dear Pak Sofyan,

Saya coba jawab pertanyaan bapak, moga2 bisa membantu..

Q:

Apakah material ini wajib killed dan fine austenite grain, apa penyebabnya jika iya.

A:

Mengenai wajib ato tidaknya spesifikasi killed, sebaiknya bapak buka standard ASTM A36, di sana saya yakin sudah jelas spesifikasi yang dipersyaratkan untuk A 36 bila bapak hendak purchase jenis semi-killed ato killed steel termasuk ketentuan jenis struktur mikronya apakah ferrite+pearlite, ferrite+ bainite, ato fine austenite.

Nah mengenai penyebabnya, terminologi killed steel itu merujuk proses deoksidasi (pengurangan kadar oksigen di dalam baja) dari steel saat melting. Keuntungan yang diperoleh dari jenis killed steel adalah uniform composition dan juga rendah porositas yang bisa menyebabkan kegagalan. Oksigen dianggap sebagai impurities ato pengotor di dalam steel, sehingga dengan mengurangi kadar oksigen (biasanya dengan penambahan aluminum ato silikon) kekuatan steel juga akan meningkat. Sementara fine grain juga akan menjamin kekuatan baja akan lebih tinggi dibandingkan large grain.

Q:

Jika kami membeli material A 36 saja, apa yang wajib kami lakukan agar material ini bisa menjadi killed dan fine austenit grain

A:

Bapak merujuk saja ke standar ASTM A 36. Bila distandard tidak ada ketentuan spesifikasi struktur mikro fine austenite, bapak bisa tambahkan dilampiran saat purchase material tersebut.

Mudah2an bisa membantu..

Tanggapan 3 – adi yudistira

Mencoba menambahkan jawaban mas Abi yang sudah sempurna secara teknikal.. mengenai pertanyaan ‘Jika kami membeli material A 36 saja, apa yang wajib kami lakukan agar material ini bisa menjadi killed dan fine austenit grain?’.

1. Jika Pak Sofyan dalam fase sebelum membeli / issue PO

Saya menyarankan untuk menuangkan semua requirement yg utama (termasuk spec. material dan requirement2 penting yg harus ditekankan pada vendor salah satunya yaitu tadi mengenai killed steel dan fain grain) ke dalam PO terserah dalam bentuk dokumen lampiran ataupun dicantumkan langsung di PO nya. Secara legal di kemudian hari nanti vendor tdk bisa berkelit jika material yg dikirim salah.

Setelah PO di issue, Pak Sofyan minta sample mill certificate ke vendor untuk memastikan bahwa barang yg akan mereka jual comply to our specification. Di dalam mill cert tersebutlah bapak akan tau apakah barang yg mereka jual comply atau tdk dgn requirement project Pak Sofyan termasuk pernyataan killed steel dan fine grainnya. Harus hati2 dengan mill cert palsu dan kemungkinan di kemudian hari barang yg dikirim adalah barang yg lain dgn mill certnya.
Check di Inspection & Test Plan untuk item inspeksinya apakah harus ada inspeksi ke tempat vendor tersebut atau tidak untuk mencegah ketelanjuran terkirimnya barang/material yg salah.

2. Jika Pak Sofyan dalam kondisi sudah terlanjur menerima barang yg dikirim vendor

– Propose approval ke client dgn mempertimbangkan tingkat criticallity equipment yg akan dibuat dari material A36 tsb. Coba propose untuk melakukan UT
laminasi thd materialnya (kaitan dgn sifat killed nya).

– Kalo ide diatas dianggap tdk efektif dari sisi cost, waktu, dan ternyata equipmentnya mempunyai tingkat critical yg tinggi, silahkan dipertimbangkan untuk
mengembalikan barang tersebut ke vendornya dan meminta ganti dgn material yg sesuai. Opsi ini juga bisa di tempatkan sbg opsi pertama.

Jangan lupa monitor terus selama proses pembelian jgn sampai mereject barang ketika sudah terlanjur dikirim.

Demikian semoga membantu.

Tanggapan 4 – Budi Arman

Dear all,

tanpa bermakasud mengalihkan perhatian dari topik,
saya mau nanya tentang material plate A36 (thick. 1′), apakah bisa dilas (good weldability) ke material pipe API 5L X56, 20’x 0.625′.
karena dari spec AWS D1.1 material pipe nya tidak disebutkan,
kemudian saya lihat di AWS B2.1, dimana?

Pipe API 5 L X56 :

– Material Number = 1

– Group Number = 2

– Range tensile / yield strength = 71- 110 /56 (ksi)

Plate A36 :

– Material Number = 1

– Group Number = 1

– Range tensile / yield strength = 58-80 / 36 (ksi)

Mohon pencerahannya bagi pakar welding.

Terimakasih banyak

Tanggapan 5 – Riksha Lenggana

Dear Mas budi,

Ijinkan saya untuk mencoba membantu jawab. Dan untuk para senior, saya mohon koreksi bila tidak benar sepenuhnya.

Bila kita merujuk pada Code AWS D1.1, kita bisa menggaris bawahi Clause 3.3 Base Metal/Filler Metal Combinations di bawah.

Disitu terlihat, bila kita melakukan proses pengelasan menggunakan 2 jenis material berbeda (group no., tensile range, etc) kita bisa melakukan pengelasan dengan menggunakan electrode / filler metal dari Group no. yang mempunyai range lebih rendah.
Pada kolom Under matching, interpretasinya adalah : Pengelasan pada Base Metal apapun, bila di-join dengan Base Metal manapun yang berada di Group mana saja, harus menggunakan filler metal dari group yang lebih rendah.

Mengenai mat’l plate ASTM A36 thk. 1′, berarti plate ini masuk Group II pada Table 3.1 AWS D1.1

ASTM A 36 Thickness : > 3/4 in. [20 mm]

Group II Min Yield Strength : 36 ksi (250 MPa)

Tensile Range : 58–80 ksi (400–550 MPa)

Dan mat’l pipe API 5L X56, 20’x 0.625′ tidak tertulis di Table 3.1 ataupun Table 4.9 AWS D1.1.

Menurut Clause 4.7.3 Base Metal Qualification, bila Base Metal tidak tertulis di Table 3.1 ataupun Table 4.9, maka mat’l HARUS DI-KUALIFIKASI (PQT) terlebih dahulu & penggunaannya HARUS DISETUJUI oleh Engineer sebelum membuat WPS.

Berdasarkan AWS B2.1 seperti yang anda informasikan, jelas nilai Yield Strength ASTM A36 lebih rendah bila dibandingkan dengan Yield Strength API 5L X56, tetapi penggunaan Yield Strength lebih rendah ini bisa ditutupi dengan memakai Thickness yang lebih tebal bila diijinkan di Steel Specification (Table 4.8 Note 2).

CMIIW please. . . 🙂