Dalam ketentuan ketenagakerjaan, pekerja kontrak terikat pada perjanjian PKWT ( Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), dimana tidak ada ketentuan uang pisah maupun pesangon menurut ketentuan pemerintah tsb. Bilamana 1 tahun sdh tertulis sebagai batas masa perjanjian, dan telah selesai para pihak menunuaikan kewajibannya dan haknya masing2, maka ketika masa kontrak itu habis, habis sudah sema kewajiban dan haknya, kecuali diperjanjikan secara tertulis tercantum di dalam PKWT tersebut.

Tanya – Andy

Saya ingin tanya mengenai hak karyawan kontrak yg sdh habis kontraknya selama 1 tahun. Apakah ada yg namanya uang pisah sebesar 1 bln upah tetap?

Tanggapan 1 – siasadi sastrodihardjo

Coba periksa surat perjanjian kerja kontrak nya, ada nggak disebutkan uang pisah.

Tanggapan 2 – Andy

Maksdnya di peraturan pemerintah ada gak ya pak? Teman saya pernah bilang itu ada tp saya blm pernah ktmu..

Tanggapan 3 – Sukra Arnaldi Ahda

sampai dengan 31 desember 2009, uang pesangon bagi yg bekerja 1 tahun adalah 2 kali THP 1bulan pak. mulai 2010 uang pesangon bagi karyawan kontrak tidak berlaku lagi.

Tanggapan 4 – vimala sariputera

Untuk PKWT diatur dalam Kepmen NOMOR : KEP.100/MEN/VI/2004 terlampir.

Semoga bermanfaat

Attachment :

Tanggapan 5 – iwan saputra

Di Peraturan Pemerintah ada mas..Cari aja undang-undangnya , saya lupa no.nya.
Kalau orang HRD biasanya punya,

Kalau nggak salah 1 tahun + 1 hari , dapat 2 bulan gaji tapi kalau hanya 1 tahun pas hanya dapat 1 bulan gaji. (itu yang saya tahu)

Tapi kalau di kontrak kerja kita tidak pernah disebutkan mengenai uang pisah. Dan juga tergantung ke tiap perusahaannya, apakah mereka mau bayar atau tidak.
Karena selama saya kerja kontrak baru 1 perusahaan yang memberikan uang pisah.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: