Biasanya untuk mengundurkan diri dibutuhkan surat pengunduran diri dengan waktu minimal 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri anda. Bilamana mengundurkan diri secara mendadak, ada kemungkinan beberapa hak anda tidak dapat dibayarkan seperti gaji dsb.

Tanya – .E. Nugrahadipura

Dear pak Budhi dan milister,

Saya mau sedikit curhat. Saya keluar dari tempat bekerja saya yg lama awal November 2009 namun gaji saya bln Okt baru (hanya) dibayar setengahnya saja dgn berbagai alasan bahkan ketidakjelasan, malah uang makan belum keluar dr bulan Juli 2009, bahkan utk bbrp rekan kerja saya uang overtime nya juga tdk dikeluarkan. Yg ingin saya tanyakan:

1. Apakah diantara rekan2 milister ada yg pernah mengalami hal serupa?

2. Apakah diantara rekan2 milister ada link ke Depnakertrans utk mengadukan kasus seperti ini?

Pada saat kita bekerja kita dituntut akan kewajiban sbg karyawan tetapi manakala kita menanyakan hak kita sbg karyawan yg didapat ketidakjelasan dari pihak perusahaan (HRD), maka saya berniat utk mengadukan hal2 seperti ini ke pihak berwenang terkait. Mohon pencerahannya!

Tanggapan 1 – Muhammad Syamsuddin

Di dinas tenaga kerja ada lembaga yang menjadi penengah perselisihan hubungan industrial Pak..

Mungkin bisa dicoba konsultasi ke sana..

Tanggapan 2 – Pungki Purnadi

Dear rekan Pongky,

Coba di check dulu semua peraturan kepegawaian yang berlaku di perusahaan tsb serta kontrak kerja anda.

Biasanya untuk mengundurkan diri dibutuhkan surat pengunduran diri dengan waktu minimal 1 bulan sebelum tanggal pengunduran diri anda. Bilamana anda mengundurkan diri secara mendadak, ada kemungkinan beberapa hak anda tidak dapat dibayarkan seperti gaji dsb.

Btw, saran saya dapatkan dulu informasi yang jelas mengenai alasan dari pihak HR management nya secara tertulis dan anda sebaiknya juga mempertanyakan secara resmi dan tertulis juga.

Tanggapan dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia dapat dilihat dalam file berikut: