316L tidak tahan untuk lingkungan chlor apalagi dengan temp tinggi…chlor akan menyebabkan pitting corrosion.

Tanya – Fachry

Rekan-rekan,

Mohon sharing ilmu dan pengalamanya, saya punya pengalaman Tanki foam (material SS 316) mengalami korosi sampai mengakibatkan bocor.
Memang saya cek kandungan foam ada mengandung Sodium chloride. apakah SS 316 bisa korosi jika ketemu Sodium chloride ?Terimakasih banyak.

Tanggapan 1 – Henry Margatama

Pak Fachry,

Mungkin Bapak bisa melakukan analisis lebih lanjut thdp mekanisme apa saja yg terjadi di dalam tanki tsb shg dapat menyebabkan korosi. Karena tidak hanya dgn ketemu Sodium Chloride maka SS316 tsb mengalami korosi. Bisa saja apabila di dalam tanki tsb ada sirkulasi foam yg mengakibatkan turbulensi shg menggerus lapisan pasif dari permukaan tanki bagian dalam dan pada akhirnya tanki tsb bocor, karena mengalami penipisan. Mungkin bisa ditambahkan lagi dari rekan lain.

Tanggapan 2 – And Riawan

Pak fakhry .. .

benar pak, SS 316 tidak tahan Cl- . . .

saya dulu pernah juga bermasalah seperti ini tetapi bukan di tangki, yaitu di valve nya (kemudian saya ganti pake keran PVC, ga bocor sampe 1 tahun)

Untuk SS316 ini ada yang tahan Cl- hingga 500 ppm (L) atau 1000 ppm (LL), mohon di lihat kembali spesifikasi material 316 nya, tahan Cl- sampai berapa ppm. Jumlah (ppm) sodium cloride nya juga di cek . .. jika melebihi spesifikasi material, maka potensi korosi nya besar . . .

Solusi: pakai tangki excell aja pak, materialnya dari plastik . . . banyak di jual di toko bangunan . . . demikian juga perpipaan nya . . .

mohon agar di koreksi jika saya salah . . .

Tanggapan 3 – sabandi

Ya sangat bisa terkorosi 316L tidak tahan untuk lingkungan chlor apalagi dengan temp tinggi…chlor akan menyebabkan pitting corrosion.