Setiap SV atau RV sesuai dgn fungsi pd line tersebut dapat diadjusting secara on line.
Hanya saja cost utk On Line Test (OLT) ini cukup mahal. Adapun OLT utk meyakinkan peralatan akan berfungsi (popping) pd tekanan yg di inginkan. Sedangkan kalau Shop test harus ada konversi settingnya apalagi utk pressure dan temperature tinggi. Jadi kalau utk SV/RV discharge vlave, sebaiknya ditest di shop kembali dan tentu saja settingnya hrs disesuaikan.

Tanya – walid walid

Yth. Bpk milis

Saya mau tanya masalah bedanya TRV dengan RV, di tempat kejaku ada masalah dengan
pressure header di fire water line normal pressure 10 bg max press line 13 bg, pada saat kondisi panas
di line fire water naik sampe 15 barG tapi RV tidak popping.

Minta tolong pencerahannya?

RV tidak popping?

Btw2, RV nya di setting berapa?

TRV = thermal relieve valve

RV = relieve valve

Tanggapan 1 – Crootth Crootth

Pak Walid,

Apakah pressure gauge/pressure indicator nya terkalibrasi dengan bagus?

Apakah tidak ada kesalahan paralaks/penglihatan?

Apakah tidak ada kesalahan kalibrasi / sertifikasi TRV/RV?

Apakah line nya tidak buntu oleh karat/sludge?

Tanggapan 2 – Subagja Arlan

Kebetulan masalahnya tahu dan satu tempat kerja, perlu diinformasikan bahwa kalau kami jalankan pompa dan pressure mencapai 13 barg (setting RV) seketika RV popping, nah mungkin ada rekan yang mo sharing.

Tanggapan 3 – Crootth Crootth

Paks,

Jadi mana yang benar nih?

13 bar g popping apa ngga popping??

Satu perusahaan kok beda kesimpulan?

Tanggapan 4 – adi purbo

Yes, I agree with Pak croth.. It is better to conduct poppping test at site with calibrated instrument.

Bye they way, how can the line pressure reach 15 barg??? If the max pressure of the line is 10 barg. I mean, the sprinkle should release the pressure to eject water for fire extinguishing first, at the other side, fire water pump will continue to give pressure into the line. There would be balance pressure between pressure generated by pump and release pressure by the sprinkles. If the pressure at line rises higher than expected, the relief valve will popping to save them.
Or do you mean, while the sprinkle eject water, relief valve also popping, it means both of them shall be in the same time?. It is normal? I think it does not.

So, that is why, I see that event is very strange.

Tanggapan 5 – Akh. Munawir

Mending dire-test lagi dah,

PSV dicopot lalu di Workshop Injectlah inlet PSV dgn 13 barg of Pressured Nitrogen (gunakan Pressure Gauge yang terkalibrasi dengan benar sebagai Indicatornya).

Saksikan bareng2, klo popping pada Pressure yang salah maka set lagi lah adjustable bolt-nya sampai pas (diulang-ulang sampai yakin benar).
Terus di-Seal boltnya dan bikin berita acara kegiatan dan kesaksian test.

Klo di Industri OnG mestinya disaksikan Inspector MIGAS dan sekalian sertifikasi SKPP.

Tanggapan 6 – Subagja Arlan

Maksudnya kalau pressure naik karena pompa running RV popping tapi kalau pressure naik karena thermal expansion di siang hari tidak popping. indikasi pressure sama lokasi.

Tanggapan 7 – Antoni Ginting

Judul dgn conten beda ya?

Sependek pengetahuan saya tiap SV atau RV sesuai dgn fungsi pd line tersebut dapat diadjusting secara on line.
Hanya saja cost utk On Line Test (OLT) ini cukup mahal. Adapun OLT utk meyakinkan peralatan akan berfungsi (popping) pd tekanan yg di inginkan.

Sedangkan klw Shop test harus ada konversi settingnya apalagi utk pressure dan temperature tinggi.

Jadi kalau utk SV/RV discharge vlave, sebaiknya ditest di shop kembali dan tentu saja settingnya hrs disesuaikan.
Kalau pertanyaanya 13 bar popping atau tidak, ya tergantung line yg dilindungi berapa. Namun kalau pompanya bisa pressure sampai 13 bar, tentunya RV bisa setting di 18 – 20 Bar.

Tanggapan 8 – walid walid

Trimaksih atas penerahannya

ini ada kasus di tempat aku kerja : Fire Water line ada fasilitas RV set 13 bg pada saat siang ahri panas matahari pressure di Fire Water line mencapai 15 bg tapi RV tidak popping. Tapi pada saat start pompa Fire pressure mencapai 13 bg RV popping. yang aku tanyakan apakah RV tidak bekerja pada saat pressure naik akibat dari thermal expansi?

Tanggapan 9 – demank

Pada saat pompa jalan, kondisi pressure merata di seluruh pipa.

Pada saat panas matahari, adakah kemungkinan pressure 15 bar nya hanya lokal di sekitar inlet pressure gauge saja?

Tanggapan 10 – Roslinormansyah

Sebenarnya ini fenomena sederhana dari fluida water. Hipotesa saya adalah sebagai berikut :

1. Kenapa tidak popping, karena disekitar pg terdapat vapor pressure water (dan ini mempengaruhi pressure in-line). Coba ukur suhu di sekitar pg berapa kemudian cari nilai vapor pressure air kemudian tambahkan ke pressure yang ada di in-line, pasti nilainya mendekati angka pressure yang terbaca saat siang hari. dan itu terjadi lokal di area pg saja. Pakai saja perhitungan Roult yang sederhana.

2. Ketika Fire Water mengalir dari pompa, maka terdapat tekanan dinamik . Tekanan dinamik seperti ini lebih besar dari tekanan uap sehingga pengaruhnya lebih kelihatan pada disk RV.
Ini artinya ada 2 fenomena yang terjadi, yaitu fenomena vapor pressure yang membuat pg tekanannya naik tanpa membuat popping dan yang kedua tekanan dinamik yang membuat disk RV terangkat bila tekanan dinamik yang terjadi di atas setting RV.

Supaya hipotesa bisa diuji maka data juga harus lengkap, baik itu dari sisi fluida, unit operasi, dll.

Moggo klo mau didiskusikan hipotesa di atas…

Tanggapan 11 – Teguh Santoso

kemungkinan pressure gaugenya bermasalah.. coba diganti yang baru.. kalau karena radiasi matahari harusnya gak naik segitu besar..CMIIW

Tanggapan 12 – Novriandy Darmawan

Sama pak..

Di tempat saya kalau lagi siang terik yg panas pressure akan naik bahkan sampai 50 psi lebih. Saya sdh pernah ganti pressure gaugenya tetapi press tetap saja tinggi. Padahal sebelumnya belum pernah terjadi spti ini.. Mgkn ada teman2 lain yg bs sharing..

Tanggapan 13 – Dedi Sopian

Liquid yg ad di pressure gaugenya kali yang tidak tahan panas jadi ketika terkena panas dia memuai sehingga menimbulkan tekanan didalam gauge-nya.

*bukan org instrument jd hanya perkiraan saja*

Tanggapan 14 – ridwan hamdani

coba ikut nimbrung meskipun masih awam..

Yang saya tahu temperature dan pressure itu berbanding lurus.. kalo pressure naik temperature akan naik begitu juga sebaiknya temperature naik maka pressure pasti naik… seberapa besar naiknya itu mungkin harus dikalkulasi supaya tahu apakah itu wajar atau tidak wajar (di cross check ke alat ukurnya) berhubung liquid bukan compresibilitas media seharusnya tidak begitu signifikan kenaikannya. Mohon dikoreski kalau keliru.

Tanggapan 15 – saptamai tarigan

Karena pemanasan yang terjadi secara alami perlahan-lahan sehingga reliev valvenya tidak bekerja walaupun setting point sudah tercapai, coba ganti RV dengan yang lebih bagus.
IMHO

Tanggapan 16 – adi harjono

Maksudnya gimana nih pak.. saya kok susah mengerti permasalahannya..

apa maksudnya setting RV nya 13 barg dan pompa running normal pressure nya 13 barg juga?? berarti setting RVnya kurang tinggi tuh pak.. setting RV setau saya tergantung system nya, kalo normal nya 13 barg ya pasti RV nya harus lebih tinggi.