Piping material spec adalah dokumen yang spesifik untuk setiap project. Bahkan dalam company yang sama dan jenis plant yang sama, belum tentu piping material spec project sebelumnya bisa langsung diterapkan pada project baru.

Tanya – Irwan Iwan

Dear rekan-rekan,

Apakah ada rekan-rekan yang mempunyai piping spec material dengan kode A1, A2, A3, A14, A27,A29, B3, B5, B15, B21, F5, F10.

Terima kasih banyak atas bantuannya ya.

Tanggapan 1 – Zulkifli Taher

Pak Irwan,

Mungkin ini piping spec yang dibuat Engineering Company? Bisa ditulis lebih jelas dan lebih spesifik pertanyaan/ permintaanya, saya baru lihat piping spec. seperti ini.

Tanggapan 2 – Teddy

Untuk di Indonesia, sepertinya hanya jika perusahaan mas Iwan bekerja berurusan dengan proyek nya COPI baru bisa tahu jeroan piping material spec tersebut.

Tanggapan 3 – Yusuf Nugroho

Pak Irwan,

Sependek yg saya pahami piping material spec adalah dokumen yang spesifik untuk setiap project. Bahkan dalam company yang sama dan jenis plant yang sama, belum tentu piping material spec project sebelumnya bisa langsung diterapkan pada project baru.

Mungkin bisa dijelaskan kembali informasi apa yang diperlukan, misal spec pipe-nya, valve-nya dll yang dipengaruhi oleh service fluid, design data, dll.

Tanggapan 4 – Teddy

gak mesti selalu spesifik berbeda untuk tiap project untuk client yang sama. selama corporate piping spec bisa dipakai gak perlu ‘buang2 man hours’ buat bikin yang baru.

kecuali corporate piping spec nya memang belom cover service2 baru. bisa ditambahkan saja sebagai local supplement yang diapprove TA-nya client.

Tanggapan 5 – Teguh Santoso

Pak Irw,

masing masing kumpeni berbeda gaya pengkodean dalam spec piping yang mereka gunakan, contoh untuk class ANSI 150# ada yang mengkodekan dengan huruf ‘A’ ada yang dengan angka ‘1’. kemudian digit selanjutnya adalah untuk material,ada yang memakai angka ada yang memakai huruf (misalnya angka 2 atau huruf C untuk carbon steel). kemudian digit selanjutnya adalah corrosion allowance. Ini pun beda beda tergantung kumpeni masing masing, misal CA=0.125′ disebut 1, CA=0.25′ disebut 2 dst.
Conto: spec pipa A21 bisa berarti pipa class 150 ANSI dengan bahan Carbon steel dengan CA=0.125′. Tetapi di kumpeni lain bilang 1C01 yang artinya sama yaitu 1 untuk piping class 150#, C menunjukkan bahannya dari carbon steel, dan 01 untuk menunjukkan Corrosion allowance-nya.
Jadi masing masing kumpeni berbeda beda dalam hal pengkodean… CMIIW. Untuk tahu A23, A27, dst ya harus ditanya itu spec-nya kumpeni mana…..?

Tanggapan 6 – Rachmadi Indrapraja

Ya, Pak..setahu saya ini kode piping spec dari salah satu engineering company. Klo boleh tau ini pekerjaan untuk konstruksi baru atau rekondisi ? Seharusnya bapak menghubungi engineering company yang memberikan pekerjaan tersebut.

Mohon dikoreksi, semoga bermanfaat.

Tanggapan 7 – Yusuf Arifin

Pak Irwan,

Kalau Bisa Piping Material lebih rincinya material apa saja …