Saya memerlukan informasi mengenai color code nya PSV. Apakah ada specific color code atau mengikuti piping/servicenya?

Tanya – Taufan Patrianto

Dear Milisters,

Saya memerlukan informasi mengenai color code nya PSV. Apakah ada specific color code atau mengikuti piping/servicenya?

Terimakasih informasinya.

Tanggapan 1 – Triez

Udah liat di specnya,mas?biasanya ada kok painting spec yg diisyaratkan dari company..esdv,control valve maupun instrument lain biasanya tertulis kok di spec..klo ngga ,buat saja addendum trus di ajukan ke company,based on project yg pernah ada..yang pernah saya alami dulu biasanya company akan merefers ke project2 sebelumnya biar sama..

Tanggapan 2 – Taufan Patrianto

Terima kasih Mas Triez,

Sudah saya periksa di company spec-nya seperti Mas Triez sarankan. Memang ada sedikit infonya tetapi kurang jelas benar mengenai color code (cc)nya. Walhasil masih blank juga. Ada sedikit signal yaitu mengikuti line servicenya. Tetapi saya kurang yakin benar. Yang agak jelas di regulation SHE-nya disebutkan color codenya ditentukan oleh pihak Operations. Nah, saya semakin bingung kok cc yg notabene bukan urusan operation kok diserahkan ke mereka. Padahal Operation di Saudi Kayan (tempat saya kerja sekarang ini) ada banyak plant. Bisa ribet netapinnya.

Sekarang jadinya saya harus mencari reference di projectnya SABIC sebelumnya. Kalau ada reference dari International Body semacam ASME/ANSI gitu akan lebih mudah. Karena ini menyangkut urusan Mecahnical Completion yg harus segera diselesaikan. EPCnya nanyain terus. Jalan terakhir mungkin team SHE akan menentukan sesuai dengan data yang ada.

Terimakasih atas masukannya,

Tanggapan 3 – Sketska Naratama

Saya pun sedang menghadapi hal ini lebih kurang,
Tetapi info dari orang lapangan EP bahwa warna PSV nya merah, mengingat tidak ada spec dari client.

Tetapi pula dari mfr remind jika relatif biasa nya warna PSV adalah grey / abu-abu.

Saran saya cukup bijak jika memang tidak ada spec, mk kita ajukan spec. Ajukan painting – coating procedure nya, lengkap dengan brand paint yg akan digunakan, berapa lapis, ketebalan nya berapa, ref standart nya pake apa serta warna final nya apa ke client. Pada saat mrk acc, approved maka bisa di action. IMHO.

Tanggapan 4 – Slamet Hadicahyono

Sedikit urun rembug,

Warna grey/abu-abu adalah warna standard, saran saya warna psv dapat dibedakan berdasarkan masa laku sertikat MIGAS, dengan demikian akan mudah membedakan psv tersebut dari kejauhan.