PDS dan PDMS softwarenya sudah beda. Secara umum fungsinya untuk modelling plant dan inventory material. Yang membedakan keunggulan dari masing2 software baik di user interface dan database. Umumnya memang dipakai untuk memodelkan routing piping secara 3D yang lebih menarik dan lebih mudah dianalisa daripada hanya mengandalkan sket isometric.

Tanya – andi hidayat

Deal All….

Mohon informasi dimana perbedaa PDS dengan PDMS?…dan apakah PDS dan PDMS hanya digunakan untuk Piping saja.
Sementara saya Drafter Electrical di sebuah perusahaan.

Tanggapan 1 – Indra Wahyudin

Dear Pak Andi,

Sependek pengetahuan saya, PDS dan PDMS pada dasarnya sama saja, untuk Intelegent 3D Modeling, tetapi ada sedikit perbedaan yaitu dalam hal database, dimana database untuk PDS menggunakan 3rd party software yaitu Oracle, sedangkan PDMS tidak menggunakan software lain untuk database-nya. Kalau tidak salah Integraph sudah membuat Smartplan 3D yang hampir sama dengan PDMS karena sudah tidak menggunakan Oracle untuk databasenya (CMIIW), sedangkan dalam pengoperasiannya kemungkinan akan berbeda baik itu dari toolbar, command, etc (seperti Wordstar dan Microsoft Office).
Piping Design, mengambil porsi yang sangat besar dalam 3D modeling pak, memang PDS dan PDMS tidak di khususkan untuk piping saja, sebenarnya digunakan untuk Multi Discipline, tetapi yang paling banyak issue adalah piping, baik itu material, clash, etc.

Mungkin yang lain bisa menambahkan.

Tanggapan 2 – Raditya Joko Aryanto â„¢

PDS dan PDMS softwarenya sudah beda pak. Secara umum fungsinya sih untuk modelling plant dan inventory material. Yang membedakan keunggulan dari masing2 software baik di user interface dan database.

Umumnya memang dipakai untuk memodelkan routing piping secara 3D yang lebih menarik dan lebih mudah dianalisa daripada hanya mengandalkan sket isometric.

Kalau untuk electrical, saya kurang mendalami scope of work electrical, tapi mungkin untuk routing dan modelling cable tray bisa digunakan.

Tanggapan 3 – Tulus Pandapotan Sastra

Pak Andi,

saya coba tolong jawab.

yg pasti software nya beda, tapi fungsinya sama2 bisa digunakan untuk 3D Design yg kebanyakan dipake buat Oil&gas Projects.

software PDMS –> yg ngeluarin itu AVEVA.

Autocad –> yg ngeluarin Autodesk

software PDS –> kalau gak salah yg ngeluarin Bentley (CMIIW)

Microstation –> yg ngeluarin juga Bently kalau gak salah (CMIIW).
dan masing2 software tsb dibuat oleh negara yg berbeda2 juga kalau gak salah (CMIIW).
jika beda Projects/Client biasanya beda juga software requirement nya (tergantung dari si Client).

sama halnya dengan standard code.

kalau Project Jepang, mereka lebih suka merefer ke standard JIS.

kalau Project Inggris, mereka biasa mereka lebih me-refer ke standard BS.
dll.

Fungsi dari kedua software tsb sangat komplit (bisa untuk Piping, Structure, Electrical/Instrument, dan Mechanical).
dan kecanggihan masing2 software tsb, yaitu mampu mengeluarkan MTO.

mohon tambahan dari para suhu PDS/PDMS.

Tanggapan 4 – YOGI PRATAMA

Software PDMS tidak hanya bisa mengeluarkan MTO untuk Piping melainkan MTO untuk Cable Tray juga, apalagi sudah dilengkapi dengan MDS nah makin canggih lagi karena MTO structure support juga akan bisa keluar tanpa kita membuat secara manual.

Tanggapan 5 – Andra Prahasta

sangat beda sekali cara pengoprasiannya………..

tidak hanya untuk piping..untuk civil,elektrical juga bisa.

Tanggapan 6 – YOGI PRATAMA

Bapak-bapak semuanya saya mau nanya bagaiman cara membuat template (form) di PDMS biar bisa dimsukkan logo2 yang kita inginkan.

Tanggapan 7 – ahmadf@technip

Pak Yogi, untuk meng-custom-Form yang ada di PDMS sebelumnya anda harus mengerti dulu bahasa yang di pakai, dalam hal ini adalah PML language..

Untuk selengkapnya bapak bisa membuka manual PDMS itu sendiri di chapter Customization…..

Tanggapan 8 – Indra Wahyudin

Sependek pengetahuan aku untuk template backing sheet adalah tugas pdms/pds administrator. biasanya template tersebut dibuat di autocad dulu baru di convert ke pdms. untuk lebih jelas bs japri. Regards

Tanggapan 9 – andi hidayat

Dear All….

Terimakasih atas sumbang pikiran dan tanggapan atas pertanyaan saya mengenai PDS n PDMS. dengan ilmu yang di amalkan saya yakin Allah akan membalas segala kebaikan Rekan-rekan migas… yang membuat kita jadi mengerti tentang PDS n PDMS trutama buat diri saya sendiri…

Tanggapan 10 – YOGI PRATAMA

Terima kasih untuk sebelum dan sesudahnya,

Emang benar biasanya yang membuat template form adalah Administrator, saya sangat senang jika Administrator/Designer PDMS ada yang ingin share module untuk untuk membuat Template form agar saya bisa memahami itu.