Kebetulan saya masih pake IBM X32, prosesor intel pentium M 1,8GHz. Ketika cek status properties my computer di bagian bawah prosesor tertulis: 197Mhz, 768MB of RAM. trus iseng dibandingin sama temen yang masih punya X31, prosesornya pentium M 1,4GHz tapi dibawahnya tertulis: 1,5GHz, 768MB of RAM….. lah kok beda? itu angka 197MHz dan 1,5GHz itu apakah speed dari RAMnya atau apa ya?

Tanya – ROSES-Man

dear all,

Mau tanya…. gaptek ttg hardware komputer nih. kebetulan saya masih pake IBM X32, prosesor intel pentium M 1,8GHz. pas iseng2 cek status properties my computer di bagian bawah prosesor tertulis: 197Mhz, 768MB of RAM. trus iseng dibandingin sama temen yang masih punya X31, prosesornya pentium M 1,4GHz tapi dibawahnya tertulis: 1,5GHz, 768MB of RAM….. lah kok beda? itu angka 197MHz dan 1,5GHz itu apakah speed dari RAMnya atau apa ya?

trus karena di kantor ada spare RAM 1GB PC2700, saya coba ganti yg 256MB dengan 1GB itu… yang berubah hanya jumlah RAM saja, tulisannya: 197MHz, 1,5GB of RAM…… kl dari spek yang saya lihat di website, X32 biasanya pake PC2700 sedangkan X31 pake PC2100.

ada yang bisa kasih penjelasa singkat kenapa antara laptop saya dengan kawan berbeda? kira2 seting apa saja yang bisa membuat perbedaan tersebut? trus bisa gak dirubah agar RAM saya bisa mencapai 1,5GHz itu…..

thanks atas penjelasannya…….

Tanggapan 1 – riksha lenggana

Saya coba bantu ya Mas..

Sepertinya IBM X32 Mas ROSES-Man mengaktifkan feature hemat energi.
Karena Processor jenis Pentium M adalah untuk Mobile & ada fitur Hemat Energi (Intel Speedstep, CMIIW).

Fitur ini bisa di akses dari BIOS saat start-up (booting)

Bisa juga fitur ini di aktivasi/deaktivasi dari software bawaan IBM X32 yang terinstall di windows.

Mengenai tertulis 197MHz, kemungkinan itu adalah angka FSB (Front Side Bus) dari Prosesor anda.
Jadi IBM anda hanya menampilkan speed FSB saja, bukan Speed aktual.

Untuk penambahan RAM, tidak ngaruh ke speed processor.
Anda menambahkan 1Gb RAM, tentu hanya ngaruh ke kapasitas RAM saja.

Mungkin maksud anda, meningkatkan speed processor anda dari 197 MHz ke 1.5Gb atau bahkan ke speed asli yaitu 1.8 GHz ?

Pasti bisa pak.

Coba ngobrol dengan ID support di tempat anda untuk men-setting fitur hemat energi di BIOS.
Konsekuensinya, batre cepat habis, karena IBM anda running Full Performance.

Sekian & silahkan koreksi kalo saya salah.

Tanggapan 2 – ROSES-Man

wah, thanks banget mas riksha…. setelah dirubah ke full performance memang jadi 1,8GHz…. berarti angka tersebut adalah angka running speed prosesor ya….. thanks atas penjelasannya……. tadinya saya kira ada hubungannya ma RAM…..
sekarang performancenya memang lebih cepat…..

Tanggapan 3 – riksha lenggana

alhamdulillah….

Trims kembali mas, senang bisa berbagi.

Tanggapan 4 – Indra Prasetyo

Mas Roses,

angka pertama yg ditunjukkan (bukan 1970 MHz atau 1,97 GHz ya tulisannya??) itu adalah core speed dari processor anda, sedangkan angka kedua menunjukkan jumlah RAM yg terpasang di laptop anda. dari pernyataan anda kelihatannya di laptop anda terpasang 2 SODIMM RAM masing2 berkapasitas 512 dan 256 MB, saran saya sebaiknya kapasitas masing2 RAM dibuat sama misalnya sama2 256 atau sama2 512 MB, atau ganti aja dua2nya dengan yg satu keping 1 GB tsb.

Kenapa laptop anda dan teman anda beda angka pertamanya, ya karena speed processor yg terpasang juga beda, punya anda 1,8 GHz sedangkan punya teman anda 1,4 GHz.

Tanggapan 5 – ROSES-Man

thanks mas, tadi sudah terjawab oleh mas riksha… karena sebelumnya memang saya set ‘save energy’ jadi ternyata prosesor speed diturunkan tanpa bilang2 dari 1,8GHz jadi 197MHz….. setelah tahu, trus saya rubah ke full performance, jadi balik lagi ke 1,8GHz….
lumayan lebih kencang…..

anyway, thanks for the info..