Ras Laffan LNG Co Ltd 3 (RasGas 3) telah memulai pengerjaan dengan 7.8-million-tonnes/year Train 7 di Ras Laffan Industrial City, Qatar.

Penulis : Warren R. True

Ras Laffan LNG Co Ltd 3 (RasGas 3) telah memulai pengerjaan dengan 7.8-million-tonnes/year Train 7 di Ras Laffan Industrial City, Qatar.

Kapasitas pabrik yang sesuai dengan RasGas Train 6, diresmikan tahun lalu dan memperluas jumlah produksi LNG dari situs ke lebih dari 60 juta tpy. Lahan North Qatar diperkirakan menyimpan lebih dari 900 tcf, yang menyediakan semua train.

Pemberitahuan dari ExxonMobil Corp RasGas 3 Train 7 adalah plant LNG 7.8-juta-tpy yang keempat yang online dalam 12 bulan belakangan bersama joint venturenya dengan Qatar Petroleum. ‘Fasilitas mega ini memiliki skala yang memadai untuk bersaing mencapai pasar di seluruh dunia,’ katanya.

RasGas 3 adalah bagian dari investasi dalam produksi gas alam dan liquefaction dengan afiliasi dari QP dan ExxonMobil yang meliputi 12 baru, kapal LNG Q-Flex 210.000-cu m dan satu kapal 260.000-cu m kapal LNG Q-Max, kata ExxonMobil. Komponen akhir dari investasi adalah terminal LNG Golden Pass LNG, berdasarkan konstruksi di dekat Sabine Pass, Tex. Perusahaan akan dapat meregasifikasi 15,6 juta tpy ketika memulai pengerjaan nantinya pada tahun ini.

RasGas 3 Train 7 ini dimiliki oleh QP 70% dan ExxonMobil Ras Laffan (3) Ltd 30%. Kepemilikan di Golden Pass adalah QP 70%, ExxonMobil 17,6%, dan ConocoPhillips 12,4%.

Sumber: www.ogj.com