Back pressure yang dialami PSV ada yang constant (superimposed) dan ada yang variable (built up) : 1. Contant back pressure (dari namanya, sudah jelas pengertiannya) bis dihitung dengan melihat dibuang kemana discharge flow PSVnya. Misalkan PSV anda punya set pressure 100 psig dengan discharge dialirkan ke vessel dengan operasi 25 psig, maka nilai 25 psig ini bisa di anggap contant back pressurenya. Nanti PSV manufacturenya akan ‘set’ PSV springnya pada 100-25 = 75 psig. Dengan begitu PSV tersebut akan popping open pada 100 psig, (constant back pressure menyumbang pressure pada spring 25 psig.

Tanya – fan christiyanto

Dear rekan,

Saya mo bertanya tentang bagaimana cara menentukan back pressure pada outlet PSV?Saya lihat di API RP 521 tidak ada rumus yang menentukan back pressure dan hanya menemukan MABP utk type2 PSV. Mungkin ada rekan yang berpengalaman dalam men- sizing PSV terutama cara menentukan back pressure.

Tanggapan 1 – try_sr triyanto_sr

Dear Pak Tifano,

Sejauh pengetahuan saya, back pressure yang di alami PSV ada yang constant (superimposed) dan ada yang variable (built up).

1. Contant back pressure (dari namanya, sudah jelas pengertiannya) bisa dihitung dengan melihat dibuang ke mana discharge flow PSV nya.

Misalkan PSV anda punya set pressure 100psig dengan disharge dialirkan ke vessel dengan operasi 25psig, maka nilai 25psig ini bisa di anggap contant back pressurenya.

Nanti PSV manufacturenya akan ‘set’ PSV spring nya pada 100-25 =75 psig.
dengan begitu PSV tersebut akan popping open pada 100 psig.
(constant back pressure menyumbang pressure pada spring 25 psig) .

2. Built up back pressure adalah pressure karena flowrate loadnya PSV itu sendiri saat open.

Jika discharge flow PSV tsb diatas tadi di buang ke Flare, tentunya di ujung flare stack sana pressurenya ATM.
Anda bisa estimasi pressure dropp pada pipa dari PSV anda ke Flare tsb, dengan melakukan hydraulic calculation biasa.
Total Pressure drop sama dengan pressure yang ada di discharge PSV anda tsb.

Demikian pak yang saya pahami..

Silahkan bagi yang lain menambahkan atau mengoreksi kalau pemahaman saya spt di atas ada yg salah.

Tanggapan 2 – Teguh Diyanto

Setuju banget pak…

Hitungan pressure drop untuk pipa bisa diambil di API 14 E halaman 21…

Tanggapan 3 – fan christiyanto

Dear Pak Triyanto,

Terima kasih Pak atas pencerahanny. Kalo dihitung berdasarkan pressure drop berarti sama spt Pak Teguh katakan sesuai dengan perhitungan di API RP 14E namun apakah Mach No. dan sonic velocity nya harus deperhitungkan juga acceptable or not??Mohon pencerahannya.

Tanggapan 4 – Moh Darwis

Dear Pak Tifano,

Bapak bisa menggunakan FLARENET untuk menghitung Mach No., sonic velocity, backpressure di tiap PSV. Terlebih dahulu dibuat diagram relief systemnya dan scenario-scenario yang diconsider. Based on itu, Bapak bisa mendapatkan possible maximum backpressure dari setiap PSV. Juga akan diperoleh mach number untuk line downstream PSV (juga vent / flare headernya).

Tanggapan 5 – try_sr triyanto_sr

Sebenarnya Pak tifano ini concern dg apa ya;
nge-cek back pressure saja? apa sizing psv? apa study flare system?

Kalau bapak mau study flare system shg harus menghitung pipa discharge PSV termasuk header flare, maka Mach No adalah batasan penting yang harus diperhatikan. (biasanya max Mach No 0.5 untuk header dan 0.7 untuk tail pipe discharge PSV).

Kalau nge-check saja berarti kan system pipa dan header flare nya sudah ada, shg tinggal kalkulasi saja seperti email saya sebelumnya..

Apa Untuk sizing PSV ? , kalau sizing PSV, backpressure dihitung untuk mendapatkan faktor Kb.(detail baca API 520 ) yaitu kalau tidak ada data nilai Kb dari vendor nya,,kalau sudah ada ya tinggal pakai aja, nggak usah susah susah ngitung).

Seperti saran Pak darwis, kalo study pakai FLARENET semua beres, bahkan mungkin termasuk hal hal yang gak kita butuhkan juga di hitung sama dia,,:D (ha ha becanda Pak, krn saya blm familiar dg FLARENET, Pak Mohammad Darwis mohon bisa cerita lebih banyak ttg FLARENET ini ) .

Tanggapan 6 – fan christiyanto

Hanya untuk kalkulasi backpressure pak.